Analisis Integritas Tenaga Pendidik di Yayasan Pendidikan Indra Kemala Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34702Keywords:
Integritas, Tenaga PendidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Integritas pada tenaga pendidik di Yayasan Pendidikan Indra Kemala Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif dalam menganalisis data dengan tinjauan litelatur juga dalam mengumpulkan dan mengolah data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa Integritas Tenaga Pendidik Di Yayasan Pendidikan Indra Kemala ini masih belum bisa dikatakan baik, hal ini bisa dilihat dari Tenaga pendidik yang kurang mengetahui visi misi dari yayasan, tidak adanya keterbukaan pihak yayasan terhadap permasalahan pada tenaga pendidik serta Kurangnya Inisiatif dari tenaga pendidik dalam mengikuti pelatihan/workshop yang diadakan. Namun, untuk itu pihak yayasan akan berusaha semaksimal mungkin agar integritas dapat ditegakkan dilingkungan Yayasan melalui aturan-aturan yang diberlakukan di Yayasan Pendidikan Indra Kemala ini diharapkan Tenaga Pendidik dapat meningkatkan Integritasnya.
References
Abdullah, H. (2019). Integritas Menyemai Kejujuran, Menuai Kesuksesan & Kebahagiaan. Yogyakarta : The Phinisi Pers.
Asnadar, Abu Bakar. “Integritas Siswa di Papua Barat.†Educandum Vol 4, No 1 (Juni, 2018), hal 48-49. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/67/48
Asrizal. (2017). Konsepsi Integritas. Riau: Modul Diseminasi Gugus Depan integritas.
Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi pendidikan karakter integritas sub nilai kejujuran melalui program kantin kejujuran di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565-3578. Edisi ke 2. Jakarta:Bumi Aksara. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939
Jalil, Abdul. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Islam Vol.1 No.2 Tahun 2019. IAIN Palu. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.14.117-134
Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan,3(3),272-282. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p272
Marsalin, M. (2020). Membangun Integritas di satuan Pendidikan strategi kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan masyarakat dalam membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Di SDN Antara Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya). Jurnal Sains Riset, 10(1), 9-23. https://doi.org/10.47647/jsr.v10i1.211
Messi, “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 1, No 1, hal 280 (Desember, 2017),https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1476
Retnasari, L., & Sumaryati, S. (2022). Strategi Pendidikan Karakter Integritas Berbasis Masyarakat di Satuan Pendidikan Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 53-62. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1739
Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama
Sormin, L. (2021). Analisis Integritas Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di SMP Se-Kecamatan Pangaribuan Tahun Ajaran 2020/2021. Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 19(1),71-84. https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.594
Sudaryono (2018) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susiloningsih, W., & Faizah, H. (2021). Profil Karakter Integritas Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa SD Kelas 3 Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 67-73.
Syafnidawaty. (2020). Proposisi Penelitian. Universitas Raharja, 4(5), 25-27. https://doi.org/10.46880/jmika.v4i1.88
Syahrudin, H., & Thoharudin, M. (2020). Pengaruh Integritas Kelompok Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 99-116. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.11723
Syaputra, Y. D., Hidayah, N., Ramli, M., & Alfaiz, A. (2019). Metaanalisis Karakter Integritas Siswa Berbasis Nilai Bundo Kanduang Era Revolusi Industri 4.0. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 165-179.https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.5266
Tobing, D. S. K. (2019). Pengaruh komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara III di Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 31-37.
Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, M., Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768-9775.
Waskito, A. P. N., & Suyitno, S. (2020). Implementasi Penguatan Karakter Nilai Integritas Melalui Buku Kegiatan Harian Siswa SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2),127-138.
Wibowo (2017). Manajemen Kinerja. Cetakan ke lima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).