Analisis Integritas Tenaga Pendidik di Yayasan Pendidikan Indra Kemala Kabupaten Tangerang

Authors

  • Bunga Astra Gracia Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Siti Agustin Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34702

Keywords:

Integritas, Tenaga Pendidik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Integritas pada tenaga pendidik di Yayasan Pendidikan Indra Kemala Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif dalam menganalisis data dengan tinjauan litelatur juga dalam mengumpulkan dan mengolah data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa Integritas Tenaga Pendidik Di Yayasan Pendidikan Indra Kemala ini masih belum bisa dikatakan baik, hal ini bisa dilihat dari Tenaga pendidik yang kurang mengetahui visi misi dari yayasan, tidak adanya keterbukaan pihak yayasan terhadap permasalahan pada tenaga pendidik serta Kurangnya Inisiatif dari tenaga pendidik dalam mengikuti pelatihan/workshop yang diadakan. Namun, untuk itu pihak yayasan akan berusaha semaksimal mungkin agar integritas dapat ditegakkan dilingkungan Yayasan melalui aturan-aturan yang diberlakukan di Yayasan Pendidikan Indra Kemala ini diharapkan Tenaga Pendidik dapat meningkatkan Integritasnya.

References

Abdullah, H. (2019). Integritas Menyemai Kejujuran, Menuai Kesuksesan & Kebahagiaan. Yogyakarta : The Phinisi Pers.

Asnadar, Abu Bakar. “Integritas Siswa di Papua Barat.†Educandum Vol 4, No 1 (Juni, 2018), hal 48-49. https://blamakassar.ejournal.id/educandum/67/48

Asrizal. (2017). Konsepsi Integritas. Riau: Modul Diseminasi Gugus Depan integritas.

Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi pendidikan karakter integritas sub nilai kejujuran melalui program kantin kejujuran di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565-3578. Edisi ke 2. Jakarta:Bumi Aksara. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Jalil, Abdul. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Islam Vol.1 No.2 Tahun 2019. IAIN Palu. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.14.117-134

Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan,3(3),272-282. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p272

Marsalin, M. (2020). Membangun Integritas di satuan Pendidikan strategi kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan masyarakat dalam membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus Di SDN Antara Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya). Jurnal Sains Riset, 10(1), 9-23. https://doi.org/10.47647/jsr.v10i1.211

Messi, “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah Berasrama (Boarding School). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 1, No 1, hal 280 (Desember, 2017),https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1476

Retnasari, L., & Sumaryati, S. (2022). Strategi Pendidikan Karakter Integritas Berbasis Masyarakat di Satuan Pendidikan Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 53-62. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1739

Samani, M., & Hariyanto. (2020). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. PT. Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama

Sormin, L. (2021). Analisis Integritas Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen di SMP Se-Kecamatan Pangaribuan Tahun Ajaran 2020/2021. Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 19(1),71-84. https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.594

Sudaryono (2018) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susiloningsih, W., & Faizah, H. (2021). Profil Karakter Integritas Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa SD Kelas 3 Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 67-73.

Syafnidawaty. (2020). Proposisi Penelitian. Universitas Raharja, 4(5), 25-27. https://doi.org/10.46880/jmika.v4i1.88

Syahrudin, H., & Thoharudin, M. (2020). Pengaruh Integritas Kelompok Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 99-116. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.11723

Syaputra, Y. D., Hidayah, N., Ramli, M., & Alfaiz, A. (2019). Metaanalisis Karakter Integritas Siswa Berbasis Nilai Bundo Kanduang Era Revolusi Industri 4.0. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 165-179.https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.5266

Tobing, D. S. K. (2019). Pengaruh komitmen organisasional dan kepuasan kerja terhadap Kinerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara III di Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 31-37.

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, M., Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi Penguatan Nilai Integritas dalam Pendidikan Karakter Siswa. Journal on Education, 5(3), 9768-9775.

Waskito, A. P. N., & Suyitno, S. (2020). Implementasi Penguatan Karakter Nilai Integritas Melalui Buku Kegiatan Harian Siswa SD Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2),127-138.

Wibowo (2017). Manajemen Kinerja. Cetakan ke lima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Gracia, B. A., & Agustin, S. (2023). Analisis Integritas Tenaga Pendidik di Yayasan Pendidikan Indra Kemala Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(4), 637–644. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34702

Issue

Section

Articles