Strategi Pemasaran Agen Brilink Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Depok

Authors

  • Teguh Pandu Samodra Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Ela Hulasoh Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34705

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan bank BRI dalam memperluas jaringan BRI, menarik minat masyarakat dan mengetahui respon masyarakat dalam bertransaksi di BRILink. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Kantor Cabang BRI Depok, dengan dua narasumber utama dari bagian divisi BRILink Regional Officer Jakarta 2 (Depok). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi Pustaka, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Teknik keabsahan data digunakan triangulasi data melalui sumber. Hasil penenlitian diketahui bahwa strategi bank BRI  dalam pemasaran BRILink di area Depok adalah; 1) memperbanyak agen BRILink, di mana dalam penerapannya strategi ini dapat meningkatkan produktifitas agen brilink dari sumber agen brilink baru  juga dapat meningkatkan sales volume dan feebase income Bank BRI  2). memberikan reward kepada agen, dengan adanya reward yang menarik agen brilink mitra bank BRI terus berkembang dan menambah semangat mereka di samping itu agen juga terus berinovasi agar pelanggannya bertambah dan terus bertahan .3) bekerja sama dengan berbagai institusi pemerintah, dalam hal ini BRI terus mendorong kemajuan agen brilink, membuat strategi dari dalam agar agen brilink terus berkembang dengan bekerjasama banyak institusi. 4) periklanan (advertising). hal ini tentunya strategi yang membuat brilink terus dikenal lebih luas dan penggunanya semakin banyak.

References

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299-218.

Fandy Tjipto, Ph.D (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1)

I Made Laut Mertha Jaya (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), 6.

Mananeke, L., & Rogi, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bp-Smart Protection Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Pratama, W. A. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah Berbasis Web Pada Galeri UKM Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), 2(1), 61-69.

Prof. Dr. Sugiyono (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83-88.

Sugiono,Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-11 (Bandung : Alfabeta, 2015)

Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25-35. Aaker. 2008. Managemen Ekuitas Merek, alih bahasa Aris Ananda. Bandung: Mitra Utama.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Samodra, T. P., & Hulasoh, E. (2023). Strategi Pemasaran Agen Brilink Bank Rakyat Indonesia Tbk Kantor Cabang Depok. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(4), 656–661. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34705

Issue

Section

Articles