Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor pada PT. Radja Sakti Motor

Authors

  • Widya Oktaviani Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
  • Anah Furyanah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34719

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan desain produk terhadap keputusan pembelian motor pada PT. Radja Sakti Motor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel 89 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai persamaan regresi Y = 7,513 + 0,818 X1, nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,902 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat. Nilai determinasi atau kontribusi pengaruhnya sebesar 0,814 atau sebesar 81,4% sedangkan sisanya sebesar 18,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau (19,512 > 1,988). Dengan demikian H0 ditolak dan H1. Nilai koefisien determinasi atau kontribusi pengaruhnya secara simultan sebesar 0,914 atau sebesar 91,4% sedangkan sisanya sebesar 8,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung>F tabelatau (457.553 > 3.103). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan kualitas pelayanan dan desain produk terhadap keputusan pembelian.

References

Aulia, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Lotte Grosir Meruya, skripsi, Tangerang Selatan, Universitas Pamulang.

Azany dan Frena (2014). Analisis Pengaruh Desain Produk, Motivasi Konsumen dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bellagio (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Sepatu Bellagio Java Supermall Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Semarang, Universitas Diponegoro.

Barata, S. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Daksa Naya Manajemen. Skripsi, Tangerang Selatan, Universitas Pamulang.

Basrah Saidani, et all. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA FUTSAL ADIDAS DI WILAYAH JAKARTA TIMURâ€. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 4, No. 2, 2013

Burhanuddin Firmansyah. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TULIS JETIS SIDOARJOâ€. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), ISSN: 2337-6708 Volume 01 Nomor 01 Tahun 2018.

Danang Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) Cetakan Ke-3, Jakarta: PT. Buku Seru.

Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W. (2018). Pengantar Manajemen,Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Hasibuan Melayu S.P., H. (2020). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, R. (2017). Pengaruh Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Sport 150cc di kabupaten Klaten (studi kasus pada komunitas motor sport yamahan 150cc se-kabupaten Klaten), Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ichwan Haqqi Muhammad & Subakir. “Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Universitas PGRI Adi Buana Surabayaâ€. Journal of Sustainability Business Research, ISSN: 2746-8607 Vol. 1 No. 1 Desember 2020.

Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Layanan Sim Keliling (1st ed.), Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Jasella Handayani, et all. “Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goodsâ€. Journal of Business and Banking, ISSN 2088-7841 Volume 10 Number 1 Mei – Oktober 2020 pp. 91-103.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.

Kristina dan Widyaningrum (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Laksana, M.F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Sukabumi: CV. Al Fath.

Lilik Maslikha. “Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Scoopy F1 di Kediriâ€. Journal of Business and Innovation Management, Volume 1 Nomor 3, Juni 2019 Halaman 318-328.

Made Tiya Yogi Suari, et all. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANâ€. Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, Maret Tahun 2019 P-ISSN: 2476-8782.

Meliana, et all. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian STUDI KASUS PADA GIANT HYPERMARKETâ€. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 1 No. 3, 2013 pp. 247-254 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860.

Naufal, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda ADV150. Skripsi, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah.

Nurmin Arianto dan Briani Dewi Astri Octavia. †Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Pada PT SI.â€. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.2, Maret 2021 (98-107) p-ISSN 2621 – 797X ; e-ISSN 2746-6841 DOI:10.32493.

Ratminto. (2018). Pelayanan Prima (1st ed.), Yogyakarta: UGM Press.

Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen, Bogor: IPB Press.

Yuliyana, F. (2018). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok, skripsi, Bogor, Universitas Pakuan.

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Oktaviani, W., & Furyanah, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor pada PT. Radja Sakti Motor. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(4), 681–691. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34719

Issue

Section

Articles