Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart Sedap Malam
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i1.39147Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Sedap Malam. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga dan Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Achadah, Alif. "Manajemen berbasis sekolah (MBS): Konsep Dasar dan Implementasinya pada Satuan Pendidikan." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 4.2 (2019): 77-88.
Agung Tri Putranto, Sigit Purnomo. "Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Pada Brand Jsp Kids MDS Depok Town Square" Universitas Pamulang. Vol.5 No.4, October 2022, p-ISSN 2615-3009 e-ISSN 2621-3389
Agus Dwi Cahya, Rizky Andrian, Renita Carla Ramadhani, Erni Dwijayanti. "Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97)." Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol.5 No.1 Juni 2021, Hal:175-183 E-ISS
Ali Hasan, 2013, Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan, PT. Buku Seru, Jakarta.
Amandin. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prabumulih." Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prabumulih. Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 2(2) 2021 : 113-122
Ambo Enre, Henri Abdiel Simbolon, Debora Silvia Hutagalung, Marcella Theresia Ong. "Pengaruh Harga Dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV.Obor Pematangsiantar." Politeknik Ganesha Medan. Jurnal Riset & Jurnal Akuntansi Vol.4 No.1 Februari 2020.
Ardiansyah Japlani. "Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kota Metro Lampung." Jurnal Manajemen. Vol. 14 No. 2 November 2020 (ISSN Cetak: 1978-6573) (ISSN Online: 2477-300X)
Ariani, Dorethea Wahyu. (2021). Manajemen Kualitas. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arwin, Debora Silvia Hutagalung, Vanesa Berlien "Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sari Melati Kencana Pematangsiantar." Sekolah Tinggi Akuntansi Dan Manajemen Indonesia. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 3 No 1, Januari 2020. E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259
Asep Sulaeman, Komarudin, Suharni Rahayu. "Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian motor kawasakti pada PT.Kawansakti Adhisejahtera Bintaro Tanggerang Selatan." Universitas Pamulang, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen. Jurnal ARASTIRMA Vol.1 No.1 Februari 2021: 68-75 P-ISSN 2775-9695 E-ISSN 2775-9687
Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Azwar, S. (2020). Metode penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basu, swastha dan Irawan.2008. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Offset: Yogyakarta.
Bedjo Siswanto. (2021). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara, 2021.
Buchari Alma., (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta, Bandung.
Donni Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
Eri, Susan. "Manajemen Sumber Daya Manusia Eri Susan 1." Jurnal Manajemen Pendidikan 2 (2019): 952-962.
Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fatimah Fitri Afifi dan Arry Widodo. "Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang." Prodi S1 Administrasi Bisni, Fakultas Komunikasi Bisnis, Universitas Telkom. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.5 No.2 September 2021, hal: 481-486
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Handoko, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta : P Gramedia Pustaka.
Hernita Sri Muliani, Aris Ariyanto, Triyadi, Agus Sudarsono, Mada Faisal Akbar. "Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT.Intikarya Sejahtera Tanggerang" Universitas Pamulang. Jurnal Ekonomi Vo.2 No.2 2020, E ISSN: 2685-8118
Husein Umar. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Jonathan Sarwono. Umi Narimawati (2014). Membuat Skripsi Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS SEM). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Jumhari, M. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dimasa Panderai Covid-19 Pada Bengkel Honda Nss Ahass 1838 Karawang.” Eqien-Junal Ekonomi dan Bisnis, 9(1).321-328 (2022).
Kapahang, Nela Favianury , Johny. R.E.Tampi, Joula. J. Rogahang. "Pengaruh Kualitas Produk & Harga Terhadap Keputusan Membeli (Studi Pada Konsumen Dodol Salak Produksi Desa Pangu)." Jurnal Administrasi Bisnis 2016.
Katz, Daniel dan Robert L. Kahn. 1966. Organizations and The System Concept, dalam Shafritz, Jay M dan J. Steven Ott. 1987. Classics of Organization Theory, Brooks/Cole Publishing Company Pacific Grove, California
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip dan Keller, terjemahan Bob Sabran. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 14 Jilid 1 dan 2, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga.
M. Anang Firmansyah, Budi W. Mahardhika. (2018). Pengantar manajemen. Yogyakarta : Deepublish, 2018.
Malonda, Kesia, Elsa, James D. D, Massie, Emilia, Gunawan. "Pengaruh Harga dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulagi. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol, 9 No.4, . 2021.
Palmatier, R., & Sridhar, S. (n.d.). Marketing Strategy (Based on First Principles and Data Analytics)
Priharto, S. (2018). Mengenal Arti, Bagian, dan Fungsi Sistem Informasi Akuntansi.https://cpssoft.com/blog/akuntansi/mengenal-sistem-informasi-akuntansi/
Rama Adhitya Nugroho, Jecky Indramarta, Muhammad Rezkullah Effendy. "Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Jasa Ekpedisi CV.Bintang Trans Mandiri Jakarta." Universitas Pamulang. Vol.6 No.1 Sepetember 2023
Rizky Wahyudi, Purnomo. "ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPMPADA PT. SENTRAL PERKASA JAYA" Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE). 2020.
Rudianto. 2018. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.
Siti Mukarromah. “Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko Baju Senam Grosir.com”. Jurnalekslusif, Vol.15, No.2, 2018.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Syifa Puspa Pratiwi, Kiki Rizki Amelia, Wahyu Adningsih, Swaka, Katry Anggraini. "Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Routine Coffe & Eatery di Tanggerang Selatan.'' Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal PERKUSI Vol.2 No.4 E ISSN: 2776-1568
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).