Pengaruh Promosi dan Legalitas Usaha terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada SAINS (Sarana Inovasi Solusi) Advertising di Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i2.39219Keywords:
Promosi, Legalitas Usaha, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Promosi dan Legalitas Usaha Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada SAINS (Sarana Inovasi Solusi) Advertising. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Sains Advertising yang membuat Reklame (Advertising) pada tahun 2017-2021 yang berjumlah 90 konsumen. Data yang digunakan melalui teknik observasi, angket dan kepustakaan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji determinasi dan uji signifikan (uji t dan uji f). Hasil dari persamaan regresi linier berganda Y=8.179+0.353X1+0.554X2. Hasil penelitian diperoleh hasil secara parsial promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai thitung 12.205 > ttabel 1,662 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Secara parsial legalitas usaha berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, ini dapat dilihat dari uji t dengan nilai thitung 13.445 > ttabel 1,662 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan secara simultan promosi dan legalitas usaha berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, ini dapat dilihat dari hasil uji F dengan Fhitung 110.814 > Ftabel 3,10 (110.814 > 3,10). Hasil uji koefisien determinasi Promosi (X1) dan Legalitas Usaha (X2) terhadap Volume Penjualan (Y) reklame (advertising) pada Sains Advertising sebesar 71,8%, sisanya 28,2% dipengaruhi variabel lain. Dengan demikian dapat diartikan bahwa promosi dan legalitas usaha secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan.
References
Abbas, M., Nirwana, S., Yulianti, U. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Semen Pada PT. Lamappa Jiwa Abadi Soppeng. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi. 3(1).
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Falah, Fajrul. (2021). Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Volume Penjualan Pada Produk UMKM Di Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Bachelor Thesis. UIN Satu Tulungagung.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang:Universitas Diponegoro.
Hakim, dkk. (2023). Pengaruh Legalitas Usaha, Packaging Produk dan Labelisasi Halal MUI Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Universitas NU Al Ghazali Cilacap. 16(1).
Hestin. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kartu Perdana Indosat Ooredoo Pada PT. Mitra Bisanis Celuler Cabang Lahat. Jurnal Ekonomika. 14(1).
Kotler, P., & Armstrong. G. (2018). Principles of Marketing, 17 th Edition, Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, terjemahan Bob Sabran. Edisi 14 Jilid 1 dan 2 Jakarta: Erlangga.
Purbasari, H., Veno, A. (2019). Analisis Pengaruh Sales Training Terhadap Efektifitas Penjualan Dengan Dimediasi Kinerja Penjualan. Jurnal Akuntansi. Universitas PGRI Madiun.
Purnawan, Amin., Adillah, SU. (2020). Hukum Dagang dan Aspek Legalitas Usaha. Jakarta: Lindan Bestari
Rahma, Puji. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Soppeng. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi. 1(1).
Satriawan, Robby. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Kangaroo Motor Mandiri. Diploma Thesis. IAIN Bengkulu.
Sofian, Irfan. (2016). Peranan Advertising Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Pada Harian Umum Republika. Studi Kasus pada Harian Umum Republika di Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran. Edisi Ke-4. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tores, Ropal. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Studio Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten. 3(1).
Ummah, Choiru Fitri. (2023). Pengaruh Legalitas Usaha, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Volume Penjualan Pada Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Bachelor Thesis. S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Willy, F., Sumarsan, T., Julitawaty, W. (2020). Pengaruh Personal Selling dan Promosi Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan Ban Sepeda Moto Pada PT. Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega. 6(1).
Wulansari, Retno. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Boga Sejahtera di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif Universitas Pamulang. 1(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).