Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Resep dari Amih di Pasar Kita Pamulang Tangerang Selatan

Authors

  • Aprilia Nur Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ali Mubarok Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i2.39221

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan d litian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas terhadap kepuasan pelanggan pada toko Resep Dari Amih di Pasar Kita Pamulang, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Pengujian dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji auto korelasi), uji regresi linier sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada toko Resep Dari Amih di Pasar Kita Pamulang. Berdasarkan hasil uji t (parsial), variabel Promosi (X1) menunjukkan nilai thitung > ttabel dengan nilai signifikan thitung > ttabel ( 4,694 > 1,661). Hal ini tersebut juga diperkuat dengan P value  < sig 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada toko Resep Dari Amih di Pasar Kita Pamulang. Berdasarkan hasil uji t (parsial), variabel Kualitas Pelayanan (X2) menujukkan nilai thitung > ttabel ( 8,767 > 1,661). Hal ini tersebut juga diperkuat dengan P value  < sig 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada toko Resep Dari Amih di Pasar Kita Pamulang secara parsial. Berdasarkan uji F (simultan), variabel Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel  atau (41,939 > 3,094 ), hal ini juga diperkuat dengan P value  < sig 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Achmad Rizal, S. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0 . deepublish .

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. CV. Penerbit Qiara Media.

Al Muchtar, Suwarma. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Aprianto, R. (2016 ). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Bnj Elektronik Kota Lubuklinggau . journal.stie-yppi, 41.

Burhanudin Gesi, R. L. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. e.journal.unmuhkupang, 53.

Fairus, F. (2020). Bab III Metodologi Penelitian . repository.stei, 33

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Haryanto, M., & Haris I, S. M. (2020). Pelayanan Publik bagi Penyandang Disabilitas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Hasibuan. (2016). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Haju Masagung.

I. Gusti Agung Galuh Ardhaningrat, A. S. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Kebaya dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Ud. Maha Kemala di Denpasar - Bali. E-jurnal Manajemen Universitas Udayana , 264.

Intan, R. (2016 ). BAB II LANDASAN TEORI . repository.radenintan, 25.

Kotler, P & Gary Amstrong. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Mardia, M. L. (2021). Strategi Pemasaran . Yayasan Kita Menulis .

Marisi Butarbutar, A. H. (2020). Manajemen pemasaran: Teori dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Rangkuti, F. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Roni Angger Aditama, S. M. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi . Malang : AE Publishing 2020.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supangat, A. (2015). Statistika dalam Kajian Deskriftif, Inferensi dan Non Parametic. Edisi Pertama. Kencana. Jakarta: Prenada Media Group.

Tjiptono, F (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Anastasia, Diana. (2016). Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Efendi, A. N., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Resep dari Amih di Pasar Kita Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(2), 182–194. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i2.39221

Issue

Section

Articles