Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Bengkel Doel Motor di Depok

Authors

  • Rifki Abhi Rama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Agus Sulaiman Anhary Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i2.39223

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Haga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Doel Motor Di Depok. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel 97 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, dan uji f. hasil pengujian hipotesis secara parsial variabel Kualitas Pelayanan (X1) diperoleh t hitung > t tabel (6,261 > 1,661). Hal tersebut diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Uji statistik variabel Harga (X2) diperoleh t hitung > t tabel (6,651 > 1,661) dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05. Artinya Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen, Pengujian hipotesis secara  simultan diperoleh nilai f hitung > f tabel (28,690>3,09). Hal ini diperkuat juga dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen. Koefsien determinasi diperoleh R squere sebesar 0,292 artinya Kualitas Pelayanan dan Harga secara bersama - sama memiliki kontribusi sebesar 29,2% terhadap Kualitas Pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Achmad Kabiru, Said. 2017. Manajemen dan Teori Aplikasi. Alfabeta : Bandung.

Ade Syarif Maulana, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi. Jurnal : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul Jakarta, Volume 7, Nomor 2, Hlm. 117.

Afandi. (2018). Teori Konsep Indikator Nusa Media. Sumber Daya Manusia.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran. Alfabeta : Bandung.

Amstrong, K, P. (2018). Sakemba Ampat. Prinsip-Prinsip Marketing.

Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Danang, S. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Penasaran. Konsep Strategi dan Kasus, Ed 3.

G.R. Terry dalam R Supomo dan Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Kencana.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Henry, F. (2016). Constance Storrs. General And Industrial Management.

Indrasary, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Pers.

Kasmis. (2017). Teori dan Praktik. Customer Service Exelent.

Keller, K. P. (2016). New Jersey. Marketing Management.

Korler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, P dan Amstring. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip and Amstrong, Gerry. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Penerbit Erlangga.

Kurniawan. (2017). Jurnal Media Wahana Ekonomika. Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan, Vol 14. No 13.

Limakrisna, N. dan Purba, T. P. (2017). Manajmen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia, Jilid 2, Mitra Media. Bogor.

M, Manullang. (2018). Dasar-Dasar Manajmen, Edisi Revisi, Setakan Tujuh. Jkarta : Ghalia Indonesia.

M, Prawiro. (2018). Pengertian Storyboard, https;//www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-storyboard.html (25 Nov 2022).

Mangkunegara, A. P. (2011). Deepublish. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Mardalena, S. (2017). Cv Budi Utama. Pengantar Manajemen.

Patilaya, A. (2018). Sumber Daya Manusia dan Keuangan. Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusa Pembelian Produk, Vol 6. No 2.

S, A. (2017). PT Raja Grafindo Perseda. Manajemen Pemasaran.

Sangadji, Etta Mamamng & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta :Andi.

Sofyan, A. (2018). Rajawali Pers. Manajemen Pemasaran.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sumtoyo, D. (2015). Center For Academic Publishing. Strategi Pemasaran.

Tjiptono, F. (2016). Andi. Service Quality Satusfaction.

Umar, H. (2017). Metode Riset Manajemen Perusahaan : Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Desertasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

W, A. F. (2018). Mahardika. Pengantar Manajemen.

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Rama, R. A., & Anhary, A. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Bengkel Doel Motor di Depok. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(2), 208–221. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i2.39223

Issue

Section

Articles