Strategi Pemasaran dalam Pencapaian Target Penjualan Jasa pada Travel PT Fio Amanah Perdana

Authors

  • Ajeng Wulan Tari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Anah Furyanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.40966

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Konteks penelitian ini dilatar belakangi adaya lembaga atau perusahaan yang menyediakan jasa layanan bagi individu atau jamaah yang ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah. Pada perusahaan juga dibutuhkan suatu strategi bauran pemasaran yang baik untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Dengan begitu akan tercapai sebuah target yang telah ditentukan oleh setiap perusahaan dalam penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh PT Fio Amanah Perdana, serta untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran mampu mempengaruhi pencapaian target penjualan jasa di PT Fio Amanag Perdana. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis analisis deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan data berupa kata-kata atau dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT Fio Amanah Perdana. Subjek pada penelitian ini adalah karyawan PT Fio Amanah Perdana. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) strategi bauran pemasaran produk haji dan umrah dalam mencapai target penjualan di PT Fio Amanah Perdana menggunakan strategi bauran pemasaran secara online dan offline. Pedoman bauran pemasaran berupa 7P yaitu : produk, harga, tempat, promosi, proses, orang, fasilitas pendukung. Strategi bauran pemasaran tersebut merupakan suatu fasilitas dalam pemasaran yang mana berguna untuk perusahaan dalam memenuhi target yang telah ditentukan. (2) berdasarkan analisis SWOT dan matriks SWOT dapat dikatakan perusahaan dalam keadaan mampu menghadapi dinamika lingkungan eksternal posisi perusahaan relatif kuat. Selain itu dilihat dari kuadran SWOT menunjukan titik koordinat 3,5 : 3,5 berada di posisi kuadran satu yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan. (3) dari hasil observasi dapat dikatakan bahwa PT Fio Amanah Perdana sudah sangat mengoptimalkan bauran pemasaran untuk meningkatkan target penjualan dapat dilihat dari tabel target yang menunjukan peningkatan jamaah pada setiap tahunya.

References

Anggraini, W & Syahriza, R. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Pencapaian Target Penjualan Pada Produk Pricinta Studi Pada PT Prudential Life Assurance Cabang Binjai Kota. Jurnal Ilmu Computer, Ekonomi, Dan Manajemen. Vol. 2 No. 1

Antasa, R. (2020). Strategi Pemasaran Tour Dan Trevel Haji Dan Umrah Dalam Menarik Minat Calon Jama’ah Pada PT Al-Multazam Bandar Lampung.

Effendy, A.A. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF). 1(1), 66-82

Fadli, M, F. (2021). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada PT Telkom Pontianak. Vol 11 No. 1 Issn 0216-4337

Gunara, D.I., Nawawi, Z.M., & Aslami, N. (2024). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Syariah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Medan. Comit : Comunication, Information, And Technology Journal. 2(1), 44-63

Hardiyanto, F. (2020). Analisis Marketing Syariah Dalam Menghadapi Covid – 19 (Studi Kasus ARPI Hijab Kuningan). 1(1), 23-32

Haryati. (2019). Penerapan Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Pada Btn Syariah Kcp Parepare.

Hidayat, T. (2022). Strategi Pemasaran Produk Al-Multazam Group Dalam Meningkatkan Calon Jamaah Selama Pandemic Covid-19. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah. Vol. 2 No. 2

Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E,F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Ud. Mitra Kecamatan Mandraya. Pareto : Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis. Vol. 6 No. 2

Khaatimah, H & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Corporative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No. 2

Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. Vol. 3 No. 2

Maharani, M.U., Sadiah, D., Mujib, A., Mulqiyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Biro Perjalanan Haji Dan Umrah Dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah. Mabrur : Academic Journal Of Haji And Umra. Vol. 1 No. 6

Mekarisce, A.A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatis Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol. 12 Edisi. 3

Mukhtar, M,L., Hayati, C., & Fatchurrohman, M. (2021). Strategi Pemasaran Trevel Haji Dan Umrah PT Nur Ramadan Wisata Cabang Surabaya Dalam Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat. Ekomania. Vol. 7 No. 2

Nelfianti, F. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Pada Produk Plat Stainless Steel Studi Kasus Pada Supplier Stainless Steel Di Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis. 1(2), 88-92

Ningrum, D.P. (2020). Bauran Pemasaran Pada Bisnis Chokles Es Coklat Di Kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Dan Cinema. 3(1), 1-13

Nurhabibah, D. (2022). Strategi Manajemen Dalam Merekrut Calon Jamaah Umrah Studi Kasus Pada Alhijaz Tour Bandar Lampung. Multazam : Junal Manajemen Haji Dan Umrah. Vol. 2 No. 1

Nuryanti, E., Yani, M., & Yusuf. (2022). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan. Business Management. 1(2) ISSN : 2828-8203

Oktaviana, T., Mawahib, M.M., Taufik, A. (2019). Analisis Strategi Penjualan Barang Komoditas Di Swalayan Surya Gondang Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Qawania. Vol. 3 No. 2

Prianto, A., & Hutagalung, M.A.K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jamaah Umrah PT Ikhwanul Ikhlas Wisata. Jurnal Al-Qasd. Vol. 2 No. 1

Puspasari, A & Adawira, P,R. (2020). Strategi Penjualan Sepatu Dengan Metode Analisis Swot Di Era Pandemic Covid-19. Akuntabel. Vol. 17 No.2

Putri, M.A., Rahayu, A., & Dirgantari, P.D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks Swot, Matriks Ife, Matriks Efe, Dan Matriks Ie Studi Kasus Pada Bisnis Banjjagim.Id. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan.

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 1 No. 2

Qomaruddin, N., & Prabowo, B. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Kedai MS18 Lamongan. SEIKO : Journal Of Management & Business. 6(1), 300-3017

Rasika, A, D & Puspitorini, A. (2022). Manajemen Bisnis Salon Kecantikan Ditinjau Dari Prinsip Manajemen Poac Di Kecamatan Kota Bonowoso Pada Era Pandemic Covid-19. Jurnal Tata Rias. Vol. 11 No. 1

Saputro, U.H., Kurniati, R.R., & Krisdianto, D. (2021). Impelemntasi Bauran Pemasaran Jasa Kaitanya Dengan Volume Penjualan Studi Kasus Pada Showroom Fun Mobil. JIAGABI : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Niaga/Bisnis. 10(1), 155-162

Selawati, D & Rosa, T. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Rumah Di Aitami Residence Jatiranggon. Ikraith-Humaniora. Vol. 1 No. 2

Siregar, Y,H,I., & Sunarti., & Mawardi,M,K. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Studi Pada Perusahaan PTKaltim Prima Coal. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 42 No. 1

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv

Tenda, Y.J., Kalangi, J.A & Mukuan, D.D. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kacang Shangrai Di UD Virgin Kawangkoan. Productivity. 3(3), 279-285.

Wariyanti, S., Liberty, L & Imtihanah, A. N. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Studi Home Industri Roti Al Mustafa Di Metro. Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 9(02), 151-168.

Widiyarini & Hunusaleha, Z,F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Dan Qspm Dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Primavista Solusi. Journal Of Applied Bisiness And Economic. Vol. 5 No. 4

Yanti, O.A., & Santi, A, M. (2019). Strategi Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Studi Kasus Pada PTBank Sumur Syariah Kcp Marelan Raya. Jurnal Feb. Vol. 1 No. 1

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Tari, A. W., & Furyanah, A. (2024). Strategi Pemasaran dalam Pencapaian Target Penjualan Jasa pada Travel PT Fio Amanah Perdana. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(3), 358–367. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.40966

Issue

Section

Articles