Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Geerai Samsung Nasa Mall Kota Kasablanka Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41440Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan baik secara parsial ataupun simultan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gerai Samsung mall Kasablanka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Asosiatif dengan populasi 2746 dengan sampel sebanyak 96 orang responden menggunakan rumus rao purba menggunakan Teknik sampling accidental dimana data yang di peroleh berupa kuesioner yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 2.2. hasilnya terdapat pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gerai Samsung Nasa Erajaya mall Kasablanka Jakarta Selatan Ditunjukan dengan Nilai thitung dari variabel Kualitas Produk adalah Df=aN-2(96-2)=94 > t table sebesar 1.98552 dan 2.191dengan tingkat singnifikan 0.031 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diartikan Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan secara parsial Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Gerai Samsung Nasa Erajaya mall Kasablanka Jakarta Selatan Ditunjukan dengan Nilai thitung dari variable Kualiata Pelayanan adalah 2.470 lebih besar dari ttable sebesar 1.98552 dengan tingkat signifikan 0.015 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diartikan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat di simpulkan secara parsial bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Terdapat pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada pada Gerai Samsung Nasa Erajaya mall Kasablanka Jakarta Selatan. Dibuktikan Fhitung sebesar 13.786 dan nilai signifikansi sebesar 0 sedangkan nilai Ftabel pada tingkat signifikansi 0,05 dengan df 1 (jumlah variabel -1) 3-1 = 2, dan df 2 (n-k-1) atau = 96-2-1 = 93 diperoleh nilai F tabel sebesar 3.09 Jadi dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel (13.786 > 3.09) dan signifikasi < 0,05 (0 < 0,05), maka Ha diterima , jadi dapat disimpulkan bahwa Kualitas produk dan Kualitas Pelayanan bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.
References
Achmad Solihin, 2016. Pemograman Web dengan PHP dan Mysql. jakarta: Budi Luhur.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Asep Sulaeman, (2018) Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan pelanggan pada pt. Cakrawala citramega Jurnal UNPAM Prodi Manajemen Vol. 6, No. 1, Januari
Bramantyo, B. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Kepercayaan. Hasanuddin Journal of Business Strategy, Volume 4. Choirunisa. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Probolinggo. Jurnal ilmiah riset manajemen, Volume 7, Nomor 01.
Dewi, S. P., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Net Profit Margin dan Return on Assets terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1).
Hasibuan, Malayu S.P., 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi Aksara.
I W. Widiantara , Trianasari 2021Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toyota Avanza Di Singaraja Jurnal Manajemen, Vol. 7 No. 1, Bulan April Tahun P-ISSN: 2476-8782
Iis Maulidah , Joko Widodo , Dkk (2019) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di rumah makan ayam goreng nelongso jember Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 26 ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 13 Nomor 1
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller.(2016): Marketing Management, New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong.(2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta
Kukuh Familiar, Ida Maftukhah (2019) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia ISSN 2252-6552
Marpaung, F. K., Hutagalung, I. N.Dkk, (2021). kepuasan pelanggan, PT . Dwi Karya Sartika. 16(1), 81–96.
Maulana, B. S. (2020). Pegaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Serta Dampaknya Pada Minat Beli Ulang (Studi Empiris Pada Pengguna Shopee. co. id di Kota Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Napitupulu, D. H. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 233–240
Normasari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Gerai Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).
Pratiwi, I., & Andalia, W. (2018). Perancangan Model Keputusan Multikriteria Pemilihan Layanan E-Commerce Untuk Kepuasan Pelanggan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2018, 1–10.
Ratih Hurriyati. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung.: Alfabeta
Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.
Rosa Lesmana, Ratnasari (2018) pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pt. radekatama piranti nusa Manajemen Pemasaran ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (ONLINE) 2598-2893
Subarto, Erlita Kurniawaty 2021 Kepuasan pelanggan ditinjau dari kualitas pelayananDan kualitas produk di kopi kenangan Cabang rs. Mayapada lebak bulus jakarta selatan Jurnal KREATIF ISSN : 2339 – 0689, E-ISSN : 2406-8616 Vol. 9 No. 2
Terry, George Rdan Leslie W.Rue. 2014. Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip. Penerapan dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febri Ansyah, Erlita Kurniawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).