Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Yamaha PT Putera Persada Cabang Rangkasbitung

Authors

  • Muhamad Sofi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Reza Khairul Hadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41581

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Daeler Yamaha PT Putera Persada Cabang Rangkasbitung. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli di Daeler Yamaha PT Putera Persada dengan jumlah sampel sebanyak 133 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Daeler Yamaha PT Putera Persada dimana diperoleh nilai thitung > ttabel (9,344 > 1,978) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Daeler Yamaha PT Putera Persada dimana diperoleh nilai thitung > ttabel (11,288 > 1,978) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Daeler Yamaha PT Putera Persada dimana diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (96,961 > 3,07) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Ali, M., & Muntamah, J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Mandiri (Jamu Keliling) Milik Ibu Sumarmi Tegalrotan Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran, Keuangan & Sumber Daya Manusia, 2(1), 87. ISSN: 2797-3786

Alvin, M., & Amirudin, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146. ISSN: 2655-8531

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Strategi, Konsep. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Dimyati, M. (2018). Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaigan Yang Dinamis. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Dita, A. (2010). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 2(1), 71-87.

Hanum, P. D., Dedek, K., Surti, W. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Dan Pemancingan Warung Bambu Di Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Semarak, 4(3), 115-135. ISSN: 2615-6849

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran Teori Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetens. Salemba empat. Jakarta.

Manap, A., (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Mitra Wacana Media. Jakarta.

Monica, M., & Mohamad, Y. A. (2013). Jurnal Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 6(1). ISSN: 2548-2149

Pradana, Dio Desta. (2021). Peranan Aparatur Sipil Negara Dalam Menjalankan Fungsi Humas Pelayanan Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pelalawan. Diss. Universitas Islam Riau.

Ramadhan, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Cepat Saji KFC Cabang Asia Mega Mas Medan. Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 77-84. ISSN: 2088-3145

Reviyandi, Dandy, and S. E. Mulyaningrum. (2022). Pengaruh Knowledge Sharing Dan Hardskill Terhadap Kinerja Karyawan Di Dago Suites Apartement Bandung–Pt Istana Group. Diss. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Sekaran, U. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business) Buku I Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Seputra, Y. E. A. (2014). Manajemen dan Perilaku Organisasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Subarto, & Erliya, K. (2021). Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Di Kopi Kenangan Cabang RS. Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan. Jurnal Kreatif, 9(2), 94-100. ISSN: 2339-0689

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Sudjana. (2012). Metode Statistik. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Sunanto. (2017). Pengaruh Penetapan Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotik SunFarma Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4(1), 15-27. ISSN: 2356-2005

Tiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik Edisi Ke 3. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017) Pemasaran Strategik edisi ke-3. Andi. Yogyakarta.

Ugeng, B. H., Fayziah, S., Risnalinda. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 40-47. ISSN: 2598-0823

Yetty, H. H., & Gracia, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi, 1(1), 49-56. ISSN: 2502-5678

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Sofi, M., & Hadi, R. K. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Dealer Yamaha PT Putera Persada Cabang Rangkasbitung. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(3), 434–445. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41581

Issue

Section

Articles