Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Gerai Calvin Klein Pondoh Indah Mall Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41583Keywords:
Promosi, Kulitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Gerai Calvin Klein Jeans Pondok Indah Mall Jakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen melakukan pembelian pada gerai Calvin Klein Jeans Pondok Indah Mall Jakarta yang berjumlah 4.406. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 30,5%, dengan dibuktikan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (6,550 > 1,984). Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,1% dengan dibuktikan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,445 > 1,984). Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 4,120 + 0,305X1 + 0,523X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 48,1%, dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (44,879 > 2,700). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.
References
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh kualitas layanan, brand image, harga dan kepercayaan produk terhadap keputusan pembelian (studi layanan e-commerce Berrybenka. com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 10-29.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Arisandra, M. L., Saputra, R. A. K., & Khoiriyah, M. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK TENUN IKAT DI CV. SILVI MN PARADILA PARENGAN MADURAN LAMONGAN. Competence: Journal of Management Studies, 15(2), 124-133.
Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 83-97.
Endah Saptutyningsih dan Esty Setyaningrum. (2019). Penelitian kuantitatif Metode dan Analisis . Yogyakarta: Gosyen Publishing
Fitria, A., & Hidayat, I. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).
Hery. 2018. Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. PT Grasindo. Jakarta.
Kotler, P dan Kevin L, K.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Manulang, M. (2018). Dasar-dasar Manajemen, edisi revisi, cetakan tujuh. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nangoy, S., Mandey, S. L., & Kawet, L. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Matahari Departemen Store Manado (Studi Kasus Di Matahari Departemen Store Manado Town Scuare). Jurnal Ilmiah Society, 1(24), 5.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.
Prayitno, S. Y., & Sitohang, S. (2023). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK LOKAL ERIGO EVENT TOUR TRANS ICON MALL SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(9).
Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen.Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfabeta.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. (4). Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. (1). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Wisnumurti, R. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Atasan Wanita Yang Dijual Secara Online Melalui Grup Blackberry Messenger (Studi Pada Girls Outfit Project Shop). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2).
Yamit, Z. (2018). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jean Oktavia , Fauziah Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).