Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nusantara Card Semesta Cabang Kemanggisan Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41692Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT Nusantara Card Semesta Cabang Kemanggisan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan teori slovin. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 3,453 + 0,753 X1 + 0,087 X2. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan sebesar 94,2% yang menunjukkan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka pelayanan thitung > t tabel atau (38,148 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y). Selain itu, harga t hitung > t tabel atau (9,040 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara harga (X2) terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (760,190 > 3,094). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y).
References
Abdul Gofur. (2019). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan". Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), Vol.4, No(1), 37–44
Agustin, T., & Fadillah. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Farmers Market Kalibata City (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Retail Farmers Market Kalibata City)". Jurnal Ilmiah PERKUSI.
Fadillah. (2022). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Janji Jiwa Cabang Pademangan Jakarta Utara". Jurnal Semarak, Vol. 5, No(3), 108–121
Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa, Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Duta Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, B. (2017). "Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan". Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72
Jalaludin, J. (2021). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten". AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 40–48
Monica, C., & Marlius, D. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Nasabah Pada Bank Nagari". Jurnal Pundi, 7(1), 55–69 (2023). Vol. 7, No. 1 (2023).
Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid". Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57 (2021).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta (2nd ed.).
Wiwik Sulistiyowati, ST., M. . (2018). Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. Umsida Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Dendy Fadillah, Fadillah Fadillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).