Pengaruh Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Zawid di Cipete Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43968Keywords:
Suasana Toko, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid Cipete Jakarta Selatan. Metode yang digunakan kuantitatif. Populasi yang di dapat tidak terhingga. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus rao purba dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara suasana toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan linier sederhana Y= 1,503 + 1,087X1. Nilai korelasi sebesar 0,778. Nilai koefisien determinasi sebesar 60,6% dan nilai thitung > ttabel atau (12,014 > 1,986) dengan signifikan < 0,050 atau (0,050). Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima menandakan bahwa suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid. Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara suasana toko terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier serderhana Y= 0.417 + 1,158X2. Nilai korelasi sebesar 0,866. Nilai koefisien deterninasi sebesar 75,0% dan nilai thitung > ttabel atau (16,787 > 1,986) dengan nilai signifikan < 0,050 atau (0,050). Maka H02 ditolak dan Ha2 diterima menandakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara suasana toko dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid, hal tersebut dapat dibuktikan dari dari perasamaan regresi berganda Y= -3,972 + 0,398X1 + 0,869X2. Nilai korelasi sebesar 0,886. Nilai koefisien determinasi sebesar 78,4%, dan nilai Serta nilai Fhitung 168,922 > Ftabel 3,940 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya secara simultan suasana toko dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Zawid.
References
Arianto, D.P.H., Satrio, B., (2020) Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(6). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020) Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).
Dora Yuana, D., Wahyuati. A., (2018) Pengaruh Harga, Store atmosphere, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di cafe matchbox too coffee & friends di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: 7(12). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Kolter, P. & Keller, K.L. (2022). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler & Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.
Kotler (2019) Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing. 16th Edition. Pearson Education Limited.
Magdalena, C., Gunarsih J.A.F. Kalangi, Lucky F.Tamengkel (2021) Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Jurnal Productivity, 2(1). Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi.
Nurjaya, Erlangga, H., Jasmani, Sunarsi, D., (2020) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks di Wilayah Cianjur. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.
Pambudi, R., Maddinsyah, A., (2022) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada McDonald’s Cabang Graha Raya Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(2). Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.
Rizkyani, M.A. Anggraeni, N., (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kemasan, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Hokben. Jurnal Mirai Management, 7(3). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (Edisi 4, p. 311). Yogyakarta: Andi Offset.
Wardana, W., Musnaini, Wulan, S.K. (2023) Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Teanol Di Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen 11(2). Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
Wulandari, L., Saragih, D.R.U. (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Watsons dan Guardian Mall Cipinang Indah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Internasional Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dede Solihin, Efendi Efendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).