Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Pada Koperasi Pasca Sejahtera Abadi di Sumur Batu Jakarta Pusat

Authors

  • Melinda Maharani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Muhamad Restu Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43969

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Koperasi Pasca Sejahtera Abadi di Sumur Batu Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sempel menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah sempel sebanyak 79 responden. Pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, regresi berganda, uji hipotesis uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa t hitung > t tabel (5,970 > 1,991) dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 13,998 + 0,667 X1, diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,667 menunjukan pengaruh yang (positif), dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen hal tersebut dapat dibuktikan bahwa t hitung > t tabel (10,828 > 1,991). Dan diperoleh nilai persamaan regresi Y = 9,060 + 0,808 X2, diperoleh nilai koefisien regresi sebsar sebesar 0,808 menujukan pengaruh yang (positif), sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 7,143 + 0,1113 X1+ 0,743 X2, menunjukan pengaruh yang (positif), dan hasil hipotesis diperoleh nilai  f hitung > f tabel atau (59,146 > 3,12), sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,609%, dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen sebesar 60,9% sedangkan sisanya sebesar 39,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Agestina, K., & Susilowati, I. (2019). ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KONSUMEN HANNA KEBAB DI KEBUMEN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 110–121. https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.395

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi (3rd ed.). Yogyakarta: BPFE.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. (2015). Pengantar manajemen: fungsi-proses-pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arianto, N. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL RIZEN KEDATON BOGOR. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 79-89.

Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 79–89.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies (SJBMS), 2(4B), 433–445.

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh persepsi harga, kualitas layanan dan brand image terhadap tingkat kepuasan konsumen di PT. Yerry Primatama Hosindo. Jurnal pemasaran kompetitif, 1(3), 71-80.

Budiyanto, A. (2018). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI PT. YERRY PRIMATAMA HOSINDO. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3).

Dimyati, M. (2018). Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dzikra, F. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL MOBIL UD. SARI MOTOR DI PEKANBARU. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(3), 262–267. https://doi.org/10.36975/jeb.v11i3.284

Fink, A. (2017). How to conduct surveys: A step-by-step guide (6th ed.). SAGE Publications.

Firdiyansyah, I. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA WARUNG GUBRAK KEPRI MALL KOTA BATAM. Jurnal Elektronik REKAMAN, 1(1), 1–9.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustiani, H., & Septayuda, I. (2019). Kualitas Pelayanan dan Lokasi Pemasangan Iklan Media Outdoor dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Seminar Hasil Penelitian FEB, 201–207.

Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi (3rd ed.). Jakarta: Grasindo.

Ibrahim, K., Putra, A. M., & Ariani, N. M. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen janji jiwa x samasta jimbaran. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 6(2), 1–12.

Ibrahim, K., Putra, A. M., & Ariani, N. M. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen janji jiwa x samasta jimbaran.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Global Edition Pearson Education Inc.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Manullang, M., & Hutabarat, E. (2016). Manajemen pemasaran jasa (1st ed.). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Margawati, C. A. (2020). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, lokasi terhadap kepuasan konsumen dalam membeli produk Franchise Burgerstops. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 2(2), 103-112.

Margawati, C. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK FRANCHISE BURGERSTOPS. IQTISHADequity: Jurnal Manajemen, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.763

Muniroh, L., Kuraesin, E., Hasnin, H. R., & Mukharam, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Inovator, 11(1), 89–96.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2016). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Purwanti, A., & Wahdiniwaty, R. (2017). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEWAJARAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CINDERELLA SCHOOL OF ENGLISH FOR CHILDREN DI BANDUNG. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 62–75.

Rahayu, E. (2018). PENGARUH LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA IMAM MARKET KISARAN. Journal of Science and Social Research, 1(1), 7–12.

Ratnanto, S., & Purnomo, H. (2020). Substansial Kepuasan Konsumen Rumah Makan “Soto Dok Lamongan” Nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi, 542–550. Kediri: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri.

Ronny, Nurhadi, M., & Ilfitriah, A. M. (2020). The Understanding Customer Satisfaction on Internet Banking: A Case Study in Indonesia. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 16(1), 36–47. https://doi.org/10.33830/jom.v16i1.821.2020

Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Setyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Sihite, R. W., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart Marchelia Batam. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 35-41.

Sihite, R. W., & Nainggolan, N. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart Marchelia Batam. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 35–41.

Subandi. (2015). Ekonomi koperasi (teori dan praktik. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran strategik (3rd ed.). Yogyakarta: Andi.

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN RAJA OCI MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Umar, H. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif (3rd ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Utami, I. A. I. S., & Jatra, I. M. (2015). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RESTORAN BARUNA SANUR. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984–2000.

Windari, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Usaha Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Smart Ganesha Pekanbaru.

Windari, I., & Karneli, O. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SMART GANESHA PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 6(2), 1–15.

Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Seluler Indosat/Yulianti/S1-0219.170/PembimbingI: Sumardjono/Pembimbing II:Kamilah Sa’diah

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran: Teori Strategi. Praya: Forum Pemuda Aswaja.

Zakaria. (2021). PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID DI MI MATHLAUL ANWAR PAMULANG. Jurnal ARASTIRMA, 1(2), 282–290.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Maharani, M., & Wijaya, M. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Pada Koperasi Pasca Sejahtera Abadi di Sumur Batu Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(4), 581–594. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43969

Issue

Section

Articles