Pengaruh Brand Ambassador NCT DREAM dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tos Tos tortilla chips pada NCTZEN Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43974Keywords:
Brand Ambassador, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Ambassador NCT DREAM dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tos Tos tortilla chips pada NCTZEN Jakarta. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Popualsi yang terdapat dalam penelitian ini adalah penggemar NCT DREAM yang berada di wilayah Jakarta. Teknik pengumpulan sampel menggunakan rumus rao purba yang diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai sebagai alat pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil menunjukan nilai t hitung > t tabel (10,108>1,985) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,050) yang menandakan bahwa brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai t hitung > t tabel (19,250 > 1,985) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,050) yang menandakan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian. Selain itu, secara simultan brand ambassador dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai F hitung > F tabel (190,244 > 3,94) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,050). Dengan persamaan regresi linear berganda Y = -1,987+0,132X1+0,880X2.
References
Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. AE Publishing.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Anggraeni, E. D. (2020). Pengaruh advertising dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui brand image pada konsumen produk pembalut Charm di Kota Depok. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 419–433.
Arthur, A. T., & Strickland, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: The quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education.
Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Chasanah, U., & SP, D. B. G. (2023). Pengaruh brand ambassador, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mie instan Lemonilo. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(1), 157–176.
Haswanda, P. W., Ilhamuddin, D., & Dayani, R. (2023). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan di Kota Mataram.
Diputri, A. T., & Afriani, A. L. (2022). Pengaruh media sosial Instagram terhadap brand image PT Hijau Indah Selaras. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 169-187.
Fajrin, N., Arifin, R., & Hufron, M. (2017). Pengaruh price, brand equity, brand ambassador, positioning, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk Green Light. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen.
Fauzi, R. U. A., Esmike, M., & Ardiningrum, A. R. (2023). Pengaruh brand ambassador, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Efektif: Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(1), 58-78.
Greenwood, G. L. (2021). Fashion Marketing Communications. Markono Print Media.
Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah. Journal Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2, 127–132.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (edisi revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Marketing (edisi ke-7). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lailiya, N. (2020). Pengaruh brand ambassador dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communications. Somerset, NJ: Wiley.
Magfiroh, I., & Rufial, R. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian skincare (produk serum) di PT. AVO Innovation Technology (Avoskin). IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 215-224.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian fashion 3second di marketplace (Studi pada mahasiswa pengguna fashion 3second di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.
Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas penggunaan brand ambassador Laneige dalam model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi, 8(2).
Ngatno, M. M. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: EF Press Digimedia.
Nugroho, T. P. (2023). Pengaruh brand ambassador, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk sepatu Erigo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(02), 84-91.
Oktavia, E. B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. (2022). Pengaruh harga, brand ambassador, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlett Whitening Indonesia di Tokopedia. Growth, 20(2), 361-375.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap keputusan pembelian online dengan mediasi brand awareness. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 357-380.
Parasari, N. S. M., Pratiwi, N. I., Sari, P. R. J., & Febrianti, N. P. S. (2023). Pengaruh brand ambassador K-Artist dan harga terhadap impulse buying produk mie Lemonilo. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 277-286.
Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh promosi, brand ambassador terhadap keputusan pembelian pengguna marketplace X dengan brand image sebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (JBMK), 2(2), 445-458.
Putri, M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Ceriamart (Studi kasus Ceriamart Semper Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Putri, V. Y., & Chatamallah, M. (2023). Pengaruh BLACKPINK sebagai brand ambassador Tokopedia terhadap keputusan pembelian pada pengikut Twitter @blinkmf. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, 133-138.
Royan, F. M. (2004). Marketing Sekebriti. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh brand ambassador, brand personality, dan Korean wave terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286-298.
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721-6738.
Sarinah, & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (ke-2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyoto, D. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (edisi ketiga). CAPS.
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2).
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2018). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kintan Cahyaning Gatari, Dedik Supardiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).