Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Pamulang

Authors

  • Vienna Kedya Grace Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Mutmainnah Mutmainnah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43975

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Holland Bakery cabang Pamulang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh konsumen Holland Bakery cabang Pamulang. Teknik sampling menggunakan teknik Slovin yang menghasilkan sampel penelitian sebanyak 99 responden. Data primer diperoleh melalui observasi, kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung sebesar 4,418 > 1,661 nilai ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Selain itu, kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung sebesar 5,715 > 1,661 nilai ttabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Secara simultan, kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung sebesar 52,119 > 2,36 nilai Ftabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas produk dan pelayanan secara bersama-sama dapat meningkatkan kepuasan konsumen di Holland Bakery cabang Pamulang sebesar 52,1%, sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

References

Algifari. (2017). Analisis Regresi Untuk Bisnis Dan Ekonomi (2 ed.). BPFE.

Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2019). Modul Metode Penelitian. UNPAM Press.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Effect Of Service Quality, Product Quality And Price On Consumer Satisfaction). EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14.

Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 331–340.

Erida, Indrawijaya, S., & Abdilah, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kaos Merek Jakoz (The Effect Of Product Quality And Brand Image On Consumer Satisfaction Of Jakoz Brand T-Shirt Product). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 9(01), 23–33.

Ferrinadewi, E. (2014). Merek & Psikologi Konsumen. Graha Ilmu.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., Akmal, Y., & Iddris, J. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi SPSS Versi 25 Edisi Pertama (1 ed.). Sefa Bumi Persada.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1 ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hasan, S., Diwyarthi, N. D. M. S., Nugroho, H., Muniarty, P., Amruddin, Santoso, A., Sarjana, S., Afandi, A., Sari, Y. P., Tarigan, B. A., & Solehudin. (2022). Pengantar Manajemen (1 ed.). PT Global Eksekutif Teknologi.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Ilyas, M. R., Dirgantara, I. M. B., & Januardi, N. V. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 11(4), 1–15.

Indartono, S. (2021). Pengantar Manajemen: Character Inside. Yukaprint.

Kalsum, E. U., & Liniarti, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Mesin Cuci Merek Polytron Di Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 370–378.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV. Al Fath Zumar.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2019). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia (3 ed.). Mitra Wacana Media.

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (3 ed.). Salemba Empat.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global (1 ed.). Alfabeta.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146.

Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 26.

Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penetapan Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Convenience Store 7-Eleven. Jurnal Disrupsi Bisnis, 2(1), 1–17.

Ridha, A., & Muis, M. (2022). Teori Manajemen. Penerbit NEM.

Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran. Agung Ilmu.

Selvia Agusti, I., & Verano, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (KFC Arjuna Medan Perjuangan). NIAGAWAN, 11(1), 37–42.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(6), 755–764.

Sinaga, A., Sihombing, S., & Sitanggang, D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffeenatics Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 6(1), 119–144.

Siregar, E. (2021). Pengantar Manajemen & Bisnis (1 ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. CV. Andi Offset.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1 ed.). Alfabeta.

Supangat, A. (2017). Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi Dan Nonparametrik. Kencana Prenada Media Group.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). CV. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (4 ed.). CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Grace, V. K., & Mutmainnah, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Pamulang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(4), 643–654. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43975

Issue

Section

Articles