Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Vertihome Cibinong Bogor Greenpark Group

Authors

  • Tri Mulya Hanipah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia
  • Purwanti Purwanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i2.48514

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Vertihome Cibinong Bogor Greenpark Group, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 41 konsumen yang seluruhnya dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan persamaan regresi Y=10,149 + 0,739X1 dan koefisien korelasi 0,696, serta koefisien determinasi 70,6%. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (6,056 > 2,024) dan p value < 0,05 (0,000). Lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=1,609 + 0,727X2, koefisien korelasi 0,829, dan koefisien determinasi 68,8%. Uji hipotesis menunjukkan Fhitung > Ftabel (465,220 > 3,24) dan p value < 0,05 (0,000). Berdasarkan analisis regresi Y = 1,609 + 0,212 X1 + 0,727 X2, harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan koefisien korelasi 0,841 dan koefisien determinasi 68,8%.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Almuthahar, M. R. (2022, Desember). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai Lion Air Indonesia (Rute: Penerbangan Pontianak-Yogyakarta). Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Amirullah. (2016). Pengantar Manajemen. Mitra Wacana Media.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2018). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1, A. Sindoro & B. Molan, Trans.). Penerbit Prenhalind.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Awwalia. (2023). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Mie Banyumas Yamin Parung Serab Kota Tangerang Banten. Universitas Pamulang.

Cahyani, F. G. (2016, Maret). Pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Daironi, I. (2017). Pengaruh harga, promosi, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian perumahan di wilayah Gentan Kabupaten Sukoharjo. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Endriyanto, A. W. (2016). Analisis pengaruh lokasi, atribut produk dan kemudahan KPR terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Zaujati Residance Pontianak). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak.

Firmansyah, A. (2018). Perencanaan Manajemen (Edisi 1). Deepublish.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2016, April). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis STIE Harapan Medan.

Haryono, B. (2022). Pengaruh lokasi dan harga terhadap minat beli perumahan Avani Terra pada PT Daun Karya Propertindo Kabupaten Bogor.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika Dasar Panduan Bagi Dosen dan Mahasiswa. CV. Pena Persada.

Jaya, M. L. M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada.

Kholes, (2022). Jurnal Aplikasi Bisnis E-ISSN 2407-5523 (Vol. 8, No. 1, Juni 2022). Politeknik Negeri Malang.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi Ke 13). Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing (15th ed.). Prentice-Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2017). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (Jilid pertama edisi ke-13). Erlangga.

Kurniawati, W. A. C. (2017). Pengaruh lokasi perumahan, harga perumahan, dan citra merek terhadap keputusan nasabah mengambil kredit kepemilikan rumah (KPR) syariah (Studi Kasus Nasabah BTN Syariah Surakarta). Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Salemba Empat.

Maghribi, (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Bengkel Arga Jaya Motor Lebak Bulus Jakarta Selatan. Universitas Pamulang.

Mukadi, S. D. (2022, Juli). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan. Jurnal HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) Universitas Pamulang.

Nurdiansyah, H., & Rahman, R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Diandra Kreatif.

Oktarini, R. (2019, Juni). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa aplikasi Gojek di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sekretariat/Administrasi Perkantoran Universitas Pamulang.

Purwanti, C. S. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Caffe Tepi Sungai Sawangan Depok. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research. Universitas Pamulang.

Rahman. (2022). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 6(2). Universitas Bina Sarana Informatika.

Rakhmanita, A., & Vidada, I. A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian properti di Kota Tangerang.

Ratnasari, A. (2016, Oktober). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi Kasus pada Salon Cantik). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang.

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos Indonesia (PERSERO) Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Universitas Pamulang.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. ANDI.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus (Cetakan ke-3). PT Buku Seru.

Supirman. (2016). Pengaruh kelengkapan produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Eramart Sentosa Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.

Wijayanti, K. D., Komarudin, K., & Sulistiani, S. (2021). Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian pada apartemen Bailey’s City di Ciputat. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2).

Yayan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Toko Hepi Fashions Branded Cikarang Pusat Bekasi. Journal Kumpulan Penelitian Dosen, 1(1), 1–19.

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Hanipah, T. M., & Purwanti, P. (2025). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Vertihome Cibinong Bogor Greenpark Group. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 5(2), 447–458. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v5i2.48514

Issue

Section

Articles