Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang

Authors

  • Irfan Rizka Akbar Universitas Pamulang
  • Heri Erlangga Universitas Pasundan
  • Jasmani Jasmani Universitas Pamulang
  • Riri Oktarini Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9986

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 90 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel citra merek diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,418 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembelian diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,793 dengan kriteria baik. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai persamaan regresi Y = 10,457 + 0,804X, dan nilai koefisien korelasi 0,730 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 53,2%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free Press

Abdullah, M (2014) Manajemen dan Evaluasi Keputusan pembelian, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Erlangga, H. (2020). The Challenges of Organizational Communication in the Digital Era. Solid State Technology, 63(4), 1240-1246.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haque, MG., Munawaroh, Sunarsi, D., (2020). Analysis of SMEs Culinary Marketing Strategy During Covid 19 Pancemic: A Study at “Sate Bebek Cilegon†Resto in Cilegon, Banten. International Journal of Education, Information Technology, and Others. Vol.3. Issue 2

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Irmal, I., Gustiarani, E., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty Pengunjung Situs Website www. Cangkirbogor. com. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2).

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Jasmani, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Baja Mandiri Di Jakarta. Disrupsi Binis, 1(1).

_________ (2019). Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Semarak, 1(3).

_________ (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165-174.

_________ (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kasmad, K., Mustakim, M., & Sunarsi, D. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Maddinsyah, A., Hidayat, D., Juhaeri, J., Susanto, D., & Sunarsi, D. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Jakarta). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sobarna, A., Rizal, R. M., Hambali, S., & Sunarsi, D. (2020). Influence Make a Match Model toward Communication skills in Physical and Health Pedagogical Concept. Solid State Technology, 63(6), 1355-1363.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).

Syobar, K., Hardiyan, A., Romlah, O. Y., Yusup, M., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Service Quality and Price on Purchase Decisions in Woodpecker Coffee in South Jakarta. Solid State Technology, 63(6), 1491-1504.

Y Kadarusman, D Sunarsi. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (JURNAL SEKOLAH) 4 (3), 213-221

Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Promotion and Price on Purchase Decisions. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 272-279.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Akbar, I. R., Erlangga, H., Jasmani, J., Oktarini, R., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 94–100. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9986

Issue

Section

Articles