PENGARUH PERBEDAAN DEBIT ALIR BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR MATIC 110 CC BERDASARKAN DATA SENSOR O2
DOI:
https://doi.org/10.32493/jiptek.v2i2.19390Abstract
Abstrak: Dengan sepeda motor dapat membantu aktifitas kegiatan sehari-hari. Adapun jenis dari sepeda motor yang digunakan beragam, ada yang menggunakan jenis karburator dan ada juga yang menggunakan jenis injection. Hingga saat ini masyarakat lebih banyak memilih kendaraan yang digunakan nya berjenis injection karena dianggap lebih efisien dan ramah terhadap lingkungan dikarenakan menggunakan sistem kontrol elektronik. Oleh sebab itu penulis tertarik melakukan sebuah analisa terhadap sistem kontrol elektronik pada sepeda motor yang bertujuan untuk membantu pengguna sepeda motor dalam melakukan sebuah perawatan atau pergantian pada komponen kendaraan. Terutama pada bagian injektor yang digunakan, agar penelitian ini dapat tercapai penulis menggunakan injector kapasitas 64 ml/menit, injektor kapasitas 84 ml/menit, dan injektor kapasitas 140 ml/menit sebagai analisa terhadap sistem kontrol elektronik. Maka dalam karya tulis ini penulis berupaya untuk menganalisa secara detail pengujian terhadap sistem kontrol elektronik dengan menguji injektor secara bergantian. Metode pengujian injektor tentu sangat berpengaruh terhadap sistem kontrol elektronik karena injektor kapasitas 64 ml/menit mampu menghasilkan putaran mesin sebesar 9403 RPM (revolution per minute), injektor kapasitas 84 ml/menit mampu menghasilkan putaran mesin sebesar 9442 RPM (revolution per minute), dan injektor kapasitas 140 ml/menit mampu menghasilkan putaran mesin sebesar 9457 RPM (revolution per minute). Injektor memiliki peran penting dalam sebuah proses pembakaran di dalam ruang bakar.
Kata kunci: pengujian, diagnostic tool, injektorReferences
Anonim. 2012. Pedoman Reparasi BEAT PGM-FI. Honda Motor Co., Ltd.
Joko Susanto. 2013. â€Sistem Kontrol Elektronik Yamaha Mio Jâ€. Jurnal Teknik Mesin, 1 (5). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kustoro. 2012.â€Sistem Kontrol Elektronik Pada Honda Supra X 125 PGM-FIâ€. Jurnal Teknk Mesin, 1 (10). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
M Muzakki Al Fikri. 2018.â€Analisa Sistem Kerja Electrical Fuel Injection (EFI) Pada Motor Honda CBR 150â€. Jurnal Teknik Mesin, 1 (3). Mojokerto: Universitas Islam Majapahit.
Muhammad Vendy Hermawan dan Angga Eka Winarta.2020.â€Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Lubang Nosel Injektor Terhadap Performa Mesin Sepeda Motorâ€. Jurnal Teknik Mesin, 23 (81). Surakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Warga Surakarta.
Tim Dosen Prodi Teknik Mesin. 2019.â€Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsiâ€. Pamulang: Universitas Pamulang.