Simulasi Desain Roller Sebagai Komponen Track Tumpuan Rantai Prototipe Excavator Untuk Menentukan Kekuatan Material Menggunakan Autodesk Inventor

Authors

  • Ricky Jaya Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Edi Tri Astuti Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i1.24709

Keywords:

Track roller, Tegangan von mises, Displacement, Safety factor, Carbon steel AISI 1015, Finite Element Analysis (FEA), Pressure

Abstract

Track roller memiliki fungsi sebagai penahan beban excavator terhadap track link, berat seluruh komponen excavator bertumpu pada track roller terhadap track line. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil simulasi tegangan von mises, displacement, dan safety factor pada variasi pressure 88,64 MPa, 88,83 MPa, dan 89,53 MPa. Dalam penelitian ini memiliki batasan proses desain track roller dengan menggunakan software autodesk inventor, proses simulasi analisis perhitungan menggunakan software autodesk inventor, pada simulasi track roller hanya menentukan tegangan von mises, displacement, dan safety factor, dan material yang digunakan hanya carbon steel AISI 1015. Metode yang digunakan dalam analisis tersebut adalah perhitungan analitik dengan simulasi Finite Element Analysis (FEA). Terdapat variasi massa yang berasal dari pasir kering dengan berat 48,6 Kg, kerikil kering dengan berat 51,3 Kg, dan tanah liat dengan berat 61,2 Kg beserta bobot excavator sebesar 1217,8 Kg. Dari pengujian dengan simulasi autodesk inventor dapat disimpulkan bahwa tegangan von mises terbesar dari variasi pressure 89,53 MPa dan tegangan von mises terkecil dari variasi pressure 88,64 MPa. Pada displacement yang paling besar dari variasi pressure 89,53 MPa dengan dan displacement yang paling kecil dari variasi pressure 88,64 MPa. Pada safety factor nilai terbesar dari variasi pressure 88,64 MPa dan nilai terkecil dari variasi pressure 89,53 MPa. Berdasarkan hasil simulasi dapat dikatakan desain dengan material carbon steel AISI 1015 tegangan von mises tidak sampai melebihi batas luluh, displacement tidak besar masih dibawah 1 mm, tetapi safety factor masil sesuai batas beban dinamis dan aman.

References

R. Antoni and S. Putro, “Studi Cara Kerja Komponen Undercarriage Excavator,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

Suradi and M. Adhe, “Analisis Track Roller Dan Carrier Roller Excavator PC-200LC,†Universitas Sanata Dharma, 2020.

P. U. Tractors, “Basic Mechanic Course Final Drive & Undercarriage,†2011.

S. A. B. Alchazin, “Perhitungan Ekuivalen Stress Rangka Utama Sepeda Lipat ‘Student Version’ Menggunakan Strain Gage Dengan Kombinasi Konfigurasi 2-GAGE dan 4-GAGE,†Universitas Indonesia, 2010.

A. Malik, Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2017.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Jaya, R., Astuti, E. T., & Rohmat, N. (2022). Simulasi Desain Roller Sebagai Komponen Track Tumpuan Rantai Prototipe Excavator Untuk Menentukan Kekuatan Material Menggunakan Autodesk Inventor. Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 3(1), 31–36. https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i1.24709