Analisis Pengaruh Knalpot Standar Dan Knalpot Free Flow Terhadap Daya Mesin Pada Motor Bakar 4 Langkah 196 CC

Authors

  • Farhan Fuady Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Mohamad Sjahmanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Ersam Mahendrawan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i2.25001

Keywords:

Knalpot, Knalpot Racing, Knalpot Standar, Daya

Abstract

Knalpot sendiri adalah salah satu bagian dari kendaraan atau alat yang dipasang dengan tujuan sebagai saluran akses pembuangan. Setiap mesin pembakaran yang terdapat dalam kendaraan mengeluarkan sisa hasil pembakaran yang perlu dikeluarkan. Knalpot terdiri dari 2 yaitu knalpot standar dan knalpot free flow ataupun yang sering disebut knalpot racing. Pada penelitian ini akan mambahas tentang kedua knalpot tersebut dengan menggunakan sepeda motor 196 CC sebagai bahan yang dipergunakan dalam penelitian ini, penelitian ini akan membahas Daya, Torsi, AFR, Suhu, dan Kecepatan Aliran Gas Buang. Selain itu penelitian ini dilakukan oleh 4 variasi yaitu, bahan bakar, karburator, oli mesin, dan knalpot, variasinya adalah pertalite, pertamax turbo, karburator standar, karburator pe 28, oli mesin 10w-40, oli mesin 15w-50, knalpot standar, dan knalpot free flow. Pada variasi pertalite, karburator standar, knalpot standar, oli 10W-40 kecepatan terbesar 102 KPH, torsi terbesar 12,3 NM, daya terbesar 10,82 HP, putaran mesin terbesar 10515, AFR terbesar 19,71, Pada variasi pertalite, karburator standar, knalpot free flow, oli 10W-40  kecepatan terbesar 102 KPH, Torsi terbesar 12,8 NM, Daya terbesar 11,23, putaran mesin terbesar 10309 RPM, AFR terbesar 13,64, Pada variasi pertalite, karburator standar, knalpot free flow, oli 15W-50 kecepatan terbesar 102, Torsi terbesar 12,3 NM, Daya terbesar 11,09 HP, putaran mesin terbesar 10515 RPM, AFR terbesar 13,5.

References

D. D. Meriyanto, “Analisis Panas Pada Knalpot Berbasis Sponge Steel,†Universitas Negeri Semarang, 2013.

S. Pasaribu, “Rancang Bangun Knalpot Menghasilkan Dua Suara pada Kendaraan 110 cc,†JTIK (Jurnal Tek. Inform. Kaputama), vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2021.

C. A. Nugroho, “Analisis Profil Industri Knalpot Di Purbalingga, Kabupaten Purbalingga,†Universitas Diponegoro, 2011.

B. P. Wibowo, N. A. Mufarida, and Kosjoko, “Pengaruh Penggunaan Variasi Knalpot Racing Terhadap Performa Mesin Motor Injection 115CC Tahun 2013,†J. Smart Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 35–41, 2020.

Hermanico, F. Ismet, and T. Sugiarto, “Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dengan Non Standar Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio,†Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 3, no. 4, pp. 1–9, 2014.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Fuady, F., Sjahmanto, M., & Mahendrawan, E. (2022). Analisis Pengaruh Knalpot Standar Dan Knalpot Free Flow Terhadap Daya Mesin Pada Motor Bakar 4 Langkah 196 CC. Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 3(2), 23–27. https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i2.25001