Desain Steer Berbahan Plastik Abs Pada Prototipe Mobil Listrik Teknik Mesin

Authors

  • Yudi Setiawan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Giyanto Giyanto Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Nur Rohmat Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i2.25002

Keywords:

Desain, Steer, Acrylonitrile Butadiene Sytrene, Mobil Listrik

Abstract

Desain steer berbahan plastik acrylonitrile butadiene sytrene pada mobil listrik teknik mesin yang merupakan mobil listrik buatan anak bangsa ini sedang dikembnglan menjadi mobil multiguna. Salah satu bagian penting dalam mobil listrik ini yang menjadi perhatian adalah steer. Sampai sekarang, produk yang sedang diproduksi tidaklah memiliki desain yang seirama dan bentuk yang belum ditentukan sebagaimana peruntukannya dalam kendaraan ini, rencana ke depan diharapkan produksi mobil ini dapat dimassalkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan desain rancang dan ketetntuan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan steer mobil listrik teknik mesin. Steer ini dirancang dengan menggunakan bahan dasar plastik acrylonitrile butadiene sytrene yang mengacu pada list or requirments sebagai dasar patokan dari desain pengukuran, juga dilakukan studi lapangan pada desain steer serta material berbahan dasar lain sebagai nilai rujukan. Simulasi pembebanan dengan material plastik acrylonitrile butadiene sytrene dilakukan pada bagian atas guna mendapatan gaya yang sesuai peruntukan steer mobil listrik ini nanti. Beban yang diberikan adalah beban statis sebesar 10N pada bagian atas steer, dari hasil perancangan dan bahan dasar yang telah ditentukan maka hasil simulasi dengan desain dan bahan dasar ini dapat dipertanggung jawabkan hasilnya. Dengan nilai analisa simulasi tegangan sebesar 62 MPa dan nilai hasil analisa simulasi displacement sebesar 0.004 mm maka desain dan bahan dasar pada steer mobil listrik teknik mesin dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

References

G. Boothroyd, P. Dewhurst, and W. Knight, Product Design for Manufacture and Assembly, Second Edition. United States of America: Marcel Dekker, 2002.

V. D. Bhise, Ergonomics in the Automotive Design Process. New York: CRC Press, 2012.

Gunadi, Teknik Bodi Otomotif Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

I. M. L. Batan, Desain Produk. Surabaya: Guna Widya, 2012.

A. M. Law and W. D. Kelton, Simulation Modeling and Analysis. Singapore: McGraw-Hill, 2000.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

Setiawan, Y., Giyanto, G., & Rohmat, N. (2022). Desain Steer Berbahan Plastik Abs Pada Prototipe Mobil Listrik Teknik Mesin. Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 3(2), 28–33. https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i2.25002