Analisis Kekuatan Suspensi Belakang Dan Pegas Daun Dengan Variasi Beban Statis Pada Prototipe Mobil Listrik KTM Unpam
DOI:
https://doi.org/10.32493/jiptek.v3i2.25003Keywords:
Kekuatan, Gaya, Tegangan, Beban MaksimalAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa cara kerja sistem suspensi belakang dan perhitungan pegas daun pada prototipe mobil listrik teknik mesin unpam dengan diberikan variasi beban berbeda dari 250 kg, 400 kg, 550 kg, hingga 700 kg. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan menghitung gerak translasi pada suspensi, beban statis kendaraan serta analisis kekuatan yang dilakukan pada pegas daun dengan bermacam variabel pembebanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tegangan dan kekuatan pegas daun pada prototipe mobil listrik teknik mesin unpam dengan diberikan variasi beban sampai 700 kg. Pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisa mobil listrik lalu melihat dimensi yang diteliti, kemudian diberikan pembebanan secara variasi dan terakhir dilakukan pengambilan data hingga melakukan perhitungan dari data yang sudah diambil. Pada suspensi belakang beban yang semakin meningkat dari variasi beban 250 kg dengan hasil gaya 33,75 N hingga variabel beban 700 kg dengan hasil gaya 90 N. Muatan yang terjadi pada suspensi belakang roda kiri dan roda kanan terjadi keseimbangan dalam mengangkut beban. Kemudian hasil perhitungan pada pegas daun menunjukan bahwa untuk beban 250 kg, maka tegangan yang terjadi adalah 27,463 N/mm lalu pada defleksi terjadi sebesar 72 N/mm dan momen bending adalah 38,677 N/mm. Sedangkan untuk beban 700 kg, maka tegangan yang terjadi adalah 73,235 N/mm lalu pada defleksi sebesar 192 N/mm dan momen bending adalah 103,140 N/mm. Dari hasil keseluruhan maka variasi pembebanan mengalami peningkatan dalam nilai gaya, tegangan, defleksi dan momen bending, dimana semakin besar daya angkut maka kekuatan suspensi belakang dan pegas daun akan menjauh dari panjang antar mata pegas daun dari posisi normal.
References
BPS, “Pertumbuhan Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia.†Badan Pusat Statistik, Jakarta, 2017.
E. W. Hijjah and P. H. Adiwibowo, “Pengaruh Variasi Sudut Elbow Intake Manifold Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Supra X Tahun 2002,†JTM J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 2, pp. 140–147, 2014.
A. Sadikin, “Perancangan Rangka Chasis Mobil Listrik Untuk 4 Penumpang Menggunakan Software 3D Siemens NX8,†Universitas Negeri Semarang, 2013.
M. Wakid, Sistem Suspensi Kendaraan Ringan. Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2011.
‪Zainun Achmad, Elemen Mesin 1. Bandung: Refika Aditama, 2006.‬