Sensor Kelembapan Sistem Reflektif Membran

Authors

  • Sri Hartati Program Studi Kimia, Universitas Sutomo, Jl. Raya Jakarta KM. 5 No. 6 Walantaka, Serang
  • Yohan Yohan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v4i1.25825

Keywords:

sensor kelembapan udara, membrane, arduino

Abstract

Pada Penelitian Pembuatan Sensor kelembapan udara dengan metode reflektif membran bertujuan untuk pengembangan  IPTEK baik di Perguruan Tinggi maupun  Industri yang terkait. Peneliti mempercayai bahwa peralatan laboratorium merupakan unit fungsional terkecil di laboratorium untuk pengembangan suatu bidang ilmu. Suatu lembaga pendidikan yang berbasis sains tidak dapat maju jika mengabaikan keberadaan alat laboratorium demikian juga industri.Sensor dapat digunakan di dunia industri di era saat ini. Sensor kelembapan udara instrumen penting dalam industri makanan, pertanian, peternakan dan juga industri lainnya yang berorientasi pada perkembangan industri 4.0 yang digunakan untuk menguji sampel yang sangat penting digunakan pada sektor pendidikan, penelitian, maupun industri.Perancangan dilakukan dengan membuat rangka sensor, menghitung intensitas cahaya, sumber cahaya dan photodetektor yang dipakai dan interferensi yang memungkinkan terjadi. Sensor ini dibuat seminimal mungkin dan biaya yang cukup terjangkau dengan kualitas yang standard dengan sensor kelembapan udara lainnya namun memiliki kelebihan diketahanan dan perawatannya. Pada sektor industri alat ini berperan untuk menentukan kelembapan udara yang digunakan pada industri budidaya jamur. Namun untuk pemenuhan alat ini, negara Indonesia masih mengimport dari negara lain dengan menggunakan metode modul DHT 11. Oleh karena itu, kami berproyeksi mengembangkan sensor optik yang dikombinasi dengan membran dengan kondisi lebih sederhana menggunakan arduino. Metode yang digunakan pada uji kelembapan udara dengan mengukur dan membandingkan intensitas cahaya yang dipantulkan dan diteruskan. Pada lapisan membran membentuk mirror apabila menyerap uap air sehingga jumlah cahaya yang dipantulkan ekivalensi dengan jumlah uap air yang diikat oleh membran.

References

C. Y. Lee and G. Bin Lee, “Humidity sensors: A review,†Sens. Lett., vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2005, doi: 10.1166/sl.2005.001.

F. H. Hamza, A. Z. Mohammed, and B. R. Mahdi, “Construction of optical fiber humidity sensor by laser technique,†2020. doi: https://doi.org/10.1063/5.0000337.

“Journal of Technical Engineering_ Piston Vol. 4, No. 1, (2020) PDF Download Gratis.pdf.â€

A. V. Arecchi, T. Messadi, and R. J. Koshel, Field Guide to Illumination. Washington: SPIE Press, 1998.

K. Karim, Dasar-Dasar Klimatologi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 1985.

R. Components, “Light dependent Resistors Datasheet,†RS Compon., vol. 12, no. 651, 1997.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Hartati, S., & Yohan, Y. (2022). Sensor Kelembapan Sistem Reflektif Membran. Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 4(1), 53–56. https://doi.org/10.32493/jiptek.v4i1.25825