Analisis Paduan Mg-Fe-Zn Dengan Variasi Waktu Milling Sebagai Bahan Biodegradable Untuk Aplikasi Orthopedic Device

Authors

  • Kevin Nandi Putratama Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan
  • Abdul Choliq Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang, Jl. Surya Kencana No.1, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v4i2.30427

Keywords:

High Energy Milling, Metalurgi Serbuk, Mg-Fe-Zn, X-Ray Diffraction, Maud, Kekerasan

Abstract

Aplikasi gatget otot terus mengalami pengembangan dalam proses pembentukannya. Salah satu pengembangannya adalah melalui metalurgi serbuk. Unsur yang dapat dipadukan sebagai bahan adalah kombinasi Mg - Fe – Zn.Dalam penelitian ini telah dibuat paduan Mg - Fe – Zntersebut dengan variasi waktu pencampuran selama 2,3 dan 4 jam. Mesin pencampur yang digunakan adalah mesin Penggilingan Energi Tinggi (HEM). Serbuk magnesium, besi, dan bubuk seng dicampur menggunakan bola dan tabung dalam proses penggilingan. Proporsi berat bola yang digunakan adalah 1 : 2, berat bola yang digunakan 8 gram. Serbuk hasil pencampuran dibuat menjadi pelet berdiameter 16 mm dan tebal 6 mmmelalui proses kompaksi dengan gaya tekan 20 ton. Pelet di sinter memanfaatkan pemanas (Mute Heater) pada temperatur 250°C dengan waktu penahanan (holding time) selama 10 menit dan laju kenaikan temperatur 37°C/menit. Material hasil sintering diuji melalui pengujian X-Beam Diffraction (XRD) menggunakan strategi pengujian powder diffraction dengan panduan Programming Material Investigation Utilizing Diffraction (MAUD) untuk melihat komponen struktur mikro yang dibingkai. Penelitian menunjukkan bahwa struktur mikro baru selain elemen paduan utama tidak terbentuk meskipun lama waktu milling bertambah. Setelah penggilingan selama tiga jam, sampel mencapai kekerasan maksimum 191 HB. Proses milling memberikan berdampak terhadap peningkatan kekerasan sampel yang dibentuk. Selain itumuncul variasi ukuran partikel pada setiap sampel yang dibuat.

References

I. D. N. Widarma, “Pengaruh Komposisi dan Ukuran Serbuk Leaching Agent NaCl Terhadap Sifat Mekanik dan Morfologi Biodegradable Material Mg-Fe-Zn Dengan Metode Metalurgi Serbuk Untuk Aplikasi Orthopedic Devices,†Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, 2017.

J. N. R. Suprihartini, “Pengaruh Komposisi Zn, NH4HCO3, serta Rekayasa Permukaan dengan PLLA terhadap Sifat Mekanik dan Laju Degradasi pada Porous Magnesium Alloy untuk Aplikasi Degradable Biomaterials,†Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2018.

Bondan T. Sofyan, "Pengantar Material Teknik", Salemba Teknika, Jakarta, 2010

A. P. Regiana, “Strategi Pemerintah dalam Menanggulangi Tambang Liar Mineral Bukan Logam dan Batuan di Kabupaten Kediri,†Universitas Muhammadiyah Malang, 2015.

I. Kartika, A. M. Ashari, A. Trenggono, F. P. Lestari, and A. Erryani, “Analisis Struktur Pori dan Sifat Mekanik Paduan Mg-0,5Ca-4Zn Hasil Proses Metalurgi Serbuk dengan Variasi Komposisi Foaming Agent CaCO3 dan Temperatur Sintering,†TEKNIK, vol. 40, no. 2, pp. 142–148, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.14710/teknik.v40i3.25327.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Putratama, K. N., & Choliq, A. (2023). Analisis Paduan Mg-Fe-Zn Dengan Variasi Waktu Milling Sebagai Bahan Biodegradable Untuk Aplikasi Orthopedic Device. Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 4(2), 6–11. https://doi.org/10.32493/jiptek.v4i2.30427