Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Mengembangkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Shad Global Indonesia Kota Jakarta Selatan

Authors

  • Ading Sunarto Universitas Pamulang
  • Ahmad Rapiki Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v2i1.24664

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kinerja karyawan pada PT. Shad Global Indonesia Kota Jakarta Selatan. Selain itu, gaya kepemimpinan seseorang dalam memimpin sangat berpengaruh dan menjadi faktor penentu bagi peningkatan dan penurunan kinerja karyawan, oleh karena itu terlihat jelas bahwa dalam setiap perusahaan membutuhkan gaya kepemimpinan yang efektif sebab dalam hal ini selain bergantung pada keandalan dan kemampuan para karyawan dalam  meningkatkan pencapaian target perusahaan,kepemimpinan yang efektif serta pengaruh dan peran pimpinan sangat diperlukan karena pada kenyataannya keberhasilan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dan gaya kepemimpinan yang dikembangkan pada organisasi tersebut untuk mencapai tujuan dari organisasi. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah  menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang artinya penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan atau menceritakan suatu gejala, fenomena atau peristiwa, dan kejadian saat ini dengan menghasilkan data yang berbentuk kata, kalimat, skema, dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa seorang pemimpin sudah bagus melakukan tugasnya untuk mengarahkan karyawan memberikan intruksi atau arahan semua terkait beban tugas dan tanggung jawab yang diberikan. kinerja karyawan di perusahaan di PT. Shad Global Indonesia Jakarta Selatan sudah bagus dan sangatlah baik karena itu untuk pencapaian target kepentingan perusahaan, maka peran gaya kepemimpinan sangat berpengaruh dalam mengembangkan kinerja karyawan karena pemimpin memberikan arahan yang sangat jelas serta memberikan kebebasan untuk memberikan masukan atau pendapat dari bawahan ke atasan.

References

Ading, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Serta Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (study di PT Mitsui Leasing Capital Indonesia Abdul Muis–Jakarta Pusat). KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(1), 18-38.

Bachri, B. S, 2010, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,†Jurnal Teknologi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.

Hasibuan, Drs. H. Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Meilinda, R., Sunarto, A., & Ellesia, N. (2022). Kinerja Karyawan Berbasis Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Pada PT Global Edutek Solusindo di Tangerang Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 5(1), 19-26.

Prasetyo. 2006. Kepemimpinan dan prilaku organisasi. Gorontalo : ideaspublishing

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: CV. Alfabeta

Sunarto, A. (2018). Hubungan Stres Kerja dan Prestasi Kerja Karyawan PT. Asuransi Sinarmas Jakarta Pusat pada Divisi Credit Control. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 1(4), 361-370.

Sunarto, A. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri Cluster Cilegon I. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 241-250.

Sunarto, A. (2019). Hubungan Stress Kerja Dan Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. BANK Mandiri Cluster Cilegon I. Jurnal Semarak, 2(3), 1-9.

Sunarto, A. (2020). Kinerja Karyawan Berbasis Kepemimpinan Dan Motivasi Pada PT. Duta Jaya Putra Persada Mining. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 246-257.

Sunarto, A. (2020). Kinerja Pegawai Berbasis Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Pada PT Victory Chingluh Indonesia Divisi Quality. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 8(2), 92-101.

Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 397-407.

Sunarto, A. (2021). KINERJA PEGAWAI BERBASIS DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA (Studi Pada Kantor Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan). Jurnal Visionida, 7(1), 1-13.

Sunarto, A. (2021). Kinerja Pegawai Berbasis Pelatihan Dan Disiplin Kerja Pada PT Usaha Gedung Mandiri Di Jakarta. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(2), 61-72.

Sunarto, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Visionet Data Internasional Cabang Karawaci. Jurnal Semarak, 4(2), 105-118.

Sunarto, A., & Frayoga, Y. (2022). Kinerja Berbasi Motivasi Dan Disiplin Kerja Pada Pegawai Non Staf PT. Permodalan Nasional Madani DIvisi Pengadaan Dan Pengendalian Infrastruktur Jakarta Pusat. Jurnal Semarak, 5(2), 81-103.

Sunarto, A., & Maulana, D. (2021). The Effect of Discipline and Physical Work Environment on Employee Productivity At PT. Liebra Permana Gunung Putri Bogor. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 318-335.

Sunarto, A., & Tanjung, A. W. (2022). JOB SATISFACTION BASED ON THE WORK ENVIRONMENT AND WORK DISCIPLINE AT PT. LOLC VENTURA BSD BRANCH. International Journal of Multidisciplinary Research and Literature, 1(5), 489-499.

Sunarto, A., Tanjung, A. W., & Ellesia, N. (2021, January). The influence of visionary leadership style, competency and working discipline on teacher performance: A study at Muhammadiyah Setiabudi Pamulang College. In The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020) (pp. 325-336). Atlantis Press.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Sunarto, A., & Rapiki, A. (2022). Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Mengembangkan Kinerja Karyawan Pada Pt. Shad Global Indonesia Kota Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(1), 101–113. https://doi.org/10.32493/jism.v2i1.24664