Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Sepeda United di Tangerang Selatan

Authors

  • Bambang Permadi Universitas Sutomo
  • Enen Twentegh Aprianty Universitas Sutomo

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v1i2.25616

Keywords:

Kualitas Produk, Persepsi Harga, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Sepeda United di Tangerang Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengguna Sepeda United di Tangerang Selatan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini sebagai berikut: Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, artinya semakin baik kualitas produk maka akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, artinya semakin baik persepsi harga maka akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen. Kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, artinya semakin baik kualitas produk dan persepsi harga maka akan semakin meningkatkan loyalitas konsumen.

 

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amrullah, Siburian, P.S., & Zainurossalamia, S. ZA. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 13(2).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Deccasari, D. D., & Amin, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Sepatu Merek Sketchers). Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 67–82.

Djumarno, Sjafar, O., & Djamaluddin, S. (2017). The Effect of Brand Image, Product Quality, and Relationship Marketing on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 2(10), 2456–4559.

Fian, J. A., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. 5(6)

Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan. Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2015). A Primier On Partial Least. Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE. Publication.

Khoironi, T. A., Syah, H., & Dongoran, P. (2018). Product Quality, Brand Image and Pricing to Improve Satisfaction Impact on Customer Loyalty. International Review of Management and Marketing, 8(3), 51–58.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc

Pangestuti, T., & Nuralam (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GO – RIDE (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Jurnal Administrasi Bisnis. 61(2).

Rizal, A., Fanani, D., & Pangestuti, E. (2016). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa Pengguna Sepatu Merek Nike di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 57–64.

Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset Pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pelanggan Puas? Tak Cukup. Yogyakarta. Andi.

Wantara, P., & Tambrin, M. (2019). The Effect of Price and Product Quality towards Customer Satisfaction and Customer Loyalty on Madura Batik. International Tourism and Hospitality Journal, 2(1), 1–9.

Widayanto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk layanan dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Simcard IM3 (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis FISIP Undip). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 61.

Wijianty, M. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian Apple Iphone Pada Mahasiswa Administrasi Bsinis Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Epigram. 13(1).

Yana, R.D., Suharyono, & Abdillah, Y. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 21(1).

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Permadi, B., & Aprianty, E. T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Sepeda United di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 1(2), 125–136. https://doi.org/10.32493/jism.v1i2.25616