Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Borugoods di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i1.29439Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Konsumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada produk Borugoods di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian yaitu metode survei dari 92 sampel yang menggunakan rumus slovin dari populasi. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefesien korelasi, analisis koefesien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian konsumen dengan diperoleh persamaan regresi Y = 974 + 0.299X1 + 0.486X2. Nilai koefisien korelasi atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat diperoleh sebesar 0,712 artinya memiliki hubungan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 71,2% sedangkan sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh Fhitung > Ftabel atau (195.381 > 3,09). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada BorugoodsReferences
Adnan, B. (2018) Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe, Jurnal Visioner & Strategis. 7, 1-9.
Alma, Buchari. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus PT. Yerry Primata Hosindo), Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1, 71-80.
Cahya, A, D dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Sondar 534, Jurnal Pemasaran Kompetitif. 5, 13-26.
Dharmmesta, Basu Swastha. (2016). Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE.
Febriani, F, & Dadan, A, F. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Cafe Patroli Kopi Karawang), Jurnal Pemasaran Kompetitif. 4, 368-379.
Feigenbaum, (2012). Kendali Mutu Terpadu, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Ghozali. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hermawan, A. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Iful Anwar. (2015). Ilmu dan Riset Manajemen. STIESIA; Surabaya.
Irfanudin, A, M dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pristine 8+ Pada PT Sumber Wahana Tehno, Jurnal Semarak. 3, 103-119.
Karyoto. (2016). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Keller & Amstrong (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller (2016) Manajemen Pemasaran, Edisi Keenam Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller (2019) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.
Kotler (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT Indeks.
Lesama, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology and Innovation, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2, 59-72.
Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang, Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3, 52-58.
Pasaribu, Veta, L, D & Meko, Y, S, P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem terhadap Kepuasan Pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah, Jurnal Pemasaran Kompetitif. 2, 77-83.
Prinsa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rahayu, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Majalah Media Asuransi (Studi Kasus PT Media Asuransi Indonesia), Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1, 64-76.
Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated. Marketing Communication, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo
Schiffman & Kanuk. (2016). Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Index.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suprianto. (2015). Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta: Pustaka Ekonomi.
Swastha, Bashu & T. Handoko (2016) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra (2017). Serivce Quality and Satisfiation, Edisi Tiga, Jakarta: Andi Ofset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).