Komunikasi Bisnis dan Promosi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral

Authors

  • Alvin Praditya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i1.29530

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi bisnis dan promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral di Tangerang Selatan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 100 responden. Teknik analsis data yaitu analisis deskriptif kuantitaif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Model persamaan yang dianalisis adalah model bagian luar (outer model), model bagian dalam (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral. Promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral.

References

Anugerah, A.W., & Sudarwanto, T. (2017). Garuh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Onde-Ondebo LiemJr Yanik Mojokerto (Studi Pada Konsumen Toko Onde-onde Bo Liemjr Yanik Mojokerto). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1): 107-112.

Azmi, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Travel Milala Tour Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Firdayanti, D.I. (2020). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale di Samarinda. Ekonomia. 9(3).

Hasan, A. (2013), Marketing & Kasus-Kasus Pilihan, Cetakan 1. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2017), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Kristanto, J. (2016). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlangga.

Latan, H., & Ghozali, I. (2017). Partial Least Squares : Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS.5.0. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nurjannah, Maghfirah, Yunus, M.H., Ardiansyah, M., & Syukri, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pondok Service Handphone Makassar Ponsel Kota Palopo. JEMMA (Jurnal of Economic, Management, and Accounting). 5(1).

Priyatna, S., & Ardianto, E. (2008). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis, Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjadjaran

Putri, A.M., & Ruliana, P. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Inter Script: Journal of Creative Communication. 1(1).

Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27-37. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.18

Sucihati, R.N., Susanto, D., & Nandasari, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Semongkat. Samalewa: Jurnal Riset dan Kajian Manajemen. 2(2).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3,Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Praditya, A. (2023). Komunikasi Bisnis dan Promosi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 176–183. https://doi.org/10.32493/jism.v3i1.29530