Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco di Marketplace Shopee Official Store

Authors

  • Novia Susanti Universitas Pamulang
  • Dita Rohima Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.30826

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pulpen parker pada PT. Sahabat Utama Traco di marketplace Shopee official store. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif dengan model asosiatif. Populasi dalam penelitian ini ialah jumlah pelanggan parker di Shopee periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 149 responden. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik penyebaran angket kuisioner dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pulpen parker pada PT. Sahabat Utama Traco di marketplace Shopee official store.

References

Asrizal, & Muhammad. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.

Charlie, B. H. S., & Arief, B. P K, (2015). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Fakultas Ekonomi Mercu Buana. 1(3).

Fajriyan, R. H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Desain Produk terhadap Keputusan Jakarta: Universitas Trilogi.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi 14 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Linda, & Andreyan. (2019). Peningkatan Keputusan Membeli Kartu Prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang Melalui Kualitas Produk, Harga dan Promosi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6.

Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16.(2).

Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, Hal.2839-2847

Nasution, S. L., Limbong, H., & Ramadhan Nasution, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ecobisma, 7(2).

Reven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 6(3).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3).

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Susanti, N., & Rohima, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco di Marketplace Shopee Official Store. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 333–342. https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.30826