Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Clipan Finance Indonesia, Tbk. Cabang Tangerang 5
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.31435Keywords:
Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Clipan Finance Indonesia, TBK Cabang Tangerang 5. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability sampling, metode pengambilan sampel dengan menggunakan teori slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 0,5%. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefesien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Strategi Pemasaran (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y) dengan persamaan regresi Y = 2,295 + 0,487 X1 + 0,267 + α. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan sebesar 69,8%. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka strategi pemasaran sebesar thitung > ttabel atau (12,903 > 1,652), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel strategi pemasaran (X1) dan kepuasan Nasabah (Y). Kualitas pelayanan sebesar nilai thitung > ttabel atau (10,021 > 1,652), maka H0 ditolak dan H2 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan nasabah (Y). diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (100,510 > 3,03), dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya strategi pemasaran (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y).References
Artika, Tia., And Olivia, S,N. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia. Jurnal Ekonomi 27.1
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa. Firmansyah, M. Anang (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).Yogyakarta: CV Budi Utama.
Firmansyah. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa pada STIE Mahaputra Riau. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 10.1
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gofur, A. (2019). Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) 4.1
Indra, F., Prabowo, Keke, Y.(2021). Pengaruh Strategi Pemasran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di PT Sarana Bandar Logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran 15. 2
Izhar, Abdurahman, H. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Kecamatan Wiyung Surabaya. E-Jurnal Manajemen Pemasaran 4.1
Kotler dan Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12) jili 1. Jakarta: Indeks, PT
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Siswa Bersekolah di Mts Al Asiyah Cibinong. Jurnals Pendidikan 6.2
Lela, Elvira. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BJB Bekasi. Jurnal Manajemen Pemasaran 5.1
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat
Manullang dan Hutabarat. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Priyatno, Duwi. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS, Andi Publisher, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Roisah, R., Iskandar, I. (2013). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Tabungan Negara KCP Kopo. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 1.2
Sarinah, Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepubish Sodikin, A., Hamdani, I., Ikhtiono, G. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan
Stanton, William J. (2012). Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Giant Dept Store Cab BSD. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 21.1
Syarif, A, Maulana. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi 7.2
Tjiptono, F dan Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik : Mengupas Pemasaran, Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga E- Marketing. Yogyakarta: Andi, ©2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).