Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pampers Merek Certainty
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.31438Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengetahui Pampers Merek Certainty di Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 170 responden. Metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan survei, dengan instrumen adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan Partial Last Square. Penelitian ini membuktikan bahwa Citra Merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.References
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartin, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca, 4(1), 26–40.
Aptaguna, A., & Pitaloka. E, (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Jurnal Widyakala. 3(1): 49- 56.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S, (2016), Manajemen Pemasaran Dasar Dan Konsep Strategi, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Awaliyah, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 89- 101.
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA. 6(4).
Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen. 7(1). 16-26.
Fadila, D., Wahab, Z., Isnurhadi, & Widiyanti, M. (2021). The Effect of Brand Image, Brand Ambassador, and Product Quality on The Purchase Decision Of Mustika Ratu Products (Study On Sriwijaya University Students). International Journal of Social Sciences, 4(May), 182–189.
Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Squares : Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS.5.0. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2015). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (Ed. 2). United States of America: SAGE Publications, Inc.
Haryono, B. (2018). How to Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Hatta, I. H., Rachbini, W., & Parenrengi, S. (2018). Analysis of product innovation, product quality, promotion, and price, and purchase decisions. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 16(5), 183–189.
Herdiyanti. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Di Ciamis. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 9–18.
Irawan, I. A. (2021). Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19. Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 17–32.
Ismail, M. I., Sova, M., & Limakrisna, N. (2022). The Effect of Halal Labels, Brands, and Prices on Over The Counter Drugs Purchase Decision In West Java Province During Covid-19. DIJMS Dinasti International Journal of Management Science, 3(3), 508–524.
Jayanti, R.D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis. 10(1).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K.K. (2016): Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Levy & Weitz, (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Made, N., Widiastiti, G., Nyoman, N., Yasa, K., & Rahanata, G. B. (2020). The Role Of Brand Image In Mediating The Relationship Of Product Quality And Price Fairness With Purchase Decision (A Case Study Of The Iphone Product In Denpasar City). Ssrg International Journal of Economics and Management Studies, 7(4), 196–204.
Maddinsyah, A., & Zakaria, S. (2022). The Effect of Green Marketing, Brand Image, Store Atmosphere, and Quality of Service on Customer Loyalty at Bojongsari Starbucks. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(1).
Malau, H. (2017). Manajememn Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta.
Miauw, K.Y. H. (2016). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 1(5).
Mullins, J. W., & Walker O. C. (2016). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Safitri, W., Bintarti, S., & Kafabih, R. A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Advan Di Cikarang, Bekasi Tahun 2019. Jbme: Jurnal Bisnis Manajemen & Ekonomi, 17(2), 140–157.
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.
Simamora. B. (2015). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers : A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196.
Sopiah & Sangadji, E.M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Steven, W., Purba, J. T., Budiono, S., & Adirinekso, G. P. (2021). How Product Quality, Brand Image And Price Perception Impact on Purchase Decision Of Running Shoes ? Proceedings of The International Conference On Industrial Engineering And Operations Management Sao Paulo, Brazil, 1289–1297.
Sudaryono, (2016), Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Sugiarto, L. (2018). Analisis Struktur, Perilaku, Dan Kinerja Industri Popok Bayi Sekali Pakai Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan. 2(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumpu, N., & Tumbel, A. L. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2528–2537.
Supangkat, A. H., & Supriyatin. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(September), 1–19.
Suparyanto & Rosad. (2016), Manajemen Pemasaran, Bogor: In Media.
Supraptiningsih, J. D. (2021). Analysis Of The Influence Of Product, Price, Distribution, And Promotion On Consumer Purchase Decisions Using Go Food Application During The Covid Pandemic 2021. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(5), 795–807.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3.Yogyakarta: Andi Offset.
Vierdwiyani, D., & Syafarudin, A. (2020). Analysis Of Service Quality And Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchase Decisions As Intervening Variable (Case Study E-Commerce Shopee At Villa Galaxy Housing Rt 002). Dinasti International Journal Of Digital Business Management, 1(6), 802–815. Https://Doi.Org/10.31933/Dijms
Widiastuti, I. E., Suparmono, & Barmawi, M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa STIM YKPN Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 115–125.
Wijaya, F., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Terhadap Pt Continental Industry Supply. Motivasi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1).
Wijaya, T. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks.
Winardy, I., Purba, P. Y., Chaniago, C., & Andika. (2021). The Positive Impact Of Product Quality, Price, And, Promotion On Purchasing Decision Of Toyota Innova Cars. International Journal Of Social Science And Business, 5(2), 161–166.
Wydyanto, W., & Ilhamalimy, R. R. (2021). Determination Of Trust And Purchase Decisions : Analysis Of Brand Image And Price (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 506–516
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).