Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Online Queen Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat

Authors

  • Wiliyawati Wiliyawati Universitas Pamulang
  • Fadillah Fadillah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33312

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Online Queen Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat. Jenis metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determintasi, uji t, uji f dan menggunakan uji klasik yaitu Uji Normalitas, Uji Mutikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai thitung 16,745 > ttabel 1,670 atau nilai Sig 0.000 < 0,05. Harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai thitung 16,337 > ttabel 1,670 atau nilai Sig 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada Online Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat dengan nilai Fhitung 165.255 > Ftabel 3,15 atau nilai Sig 0,000 < 0,05

References

Agustin, T., & Fadillah, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Farmers Market Kalibata City (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Retail Farmers Market Kalibata City). Jurnal Ilmiah PERKUSI. 1(4).

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Sumatera Utara: alfabeta.

Anggita, S. & D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffeenatics Medan. Anggita, Sarimonang & Darna, 6(1).

Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1282. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p06

Aswad, Syaiful, Realize & Wangdra, Ronald. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal JIM UPB Vol 6 No.2.

Atiullah dan Ismundar. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Jasa J&T Kota Bima. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(2), 103–108. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i2.393

Dwi Putri, V., & Alfian, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Kadai Kopi Nipah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1789–1800.

Asti, E. G. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Oto Bento Villa Nusa. Ekomabis, 1(1), 1-14.

Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Sarjana Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal Semarak. 4(3).

Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Janji Jiwa Cabang Pademangan Jakarta Utara. Semarak, 5(3), 108-121.

Fandy Tjiptono, C. G. (2016). Service, Quality, & Saticfication . Yogyakarta: Andi.

Hulasoh, E., & Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Member Celebrity Fitness Cabang Lotte Mall, Bintaro, Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 2(2), 171-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23168

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kloter, P. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Santoso, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127 - 146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Cetakan ke-1.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Wiliyawati, W., & Fadillah, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Online Queen Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 602–613. https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33312