Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Online Queen Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33312Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Online Queen Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat. Jenis metode penelitian assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determintasi, uji t, uji f dan menggunakan uji klasik yaitu Uji Normalitas, Uji Mutikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas dan Uji Autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai thitung 16,745 > ttabel 1,670 atau nilai Sig 0.000 < 0,05. Harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y) dengan nilai thitung 16,337 > ttabel 1,670 atau nilai Sig 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada Online Shop di Desa Mekarsari Subang Jawa Barat dengan nilai Fhitung 165.255 > Ftabel 3,15 atau nilai Sig 0,000 < 0,05References
Agustin, T., & Fadillah, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Farmers Market Kalibata City (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Retail Farmers Market Kalibata City). Jurnal Ilmiah PERKUSI. 1(4).
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Sumatera Utara: alfabeta.
Anggita, S. & D. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffeenatics Medan. Anggita, Sarimonang & Darna, 6(1).
Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1282. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p06
Aswad, Syaiful, Realize & Wangdra, Ronald. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal JIM UPB Vol 6 No.2.
Atiullah dan Ismundar. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Jasa J&T Kota Bima. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(2), 103–108. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i2.393
Dwi Putri, V., & Alfian, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Kadai Kopi Nipah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1789–1800.
Asti, E. G. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada Resto Oto Bento Villa Nusa. Ekomabis, 1(1), 1-14.
Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Sarjana Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal Semarak. 4(3).
Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Janji Jiwa Cabang Pademangan Jakarta Utara. Semarak, 5(3), 108-121.
Fandy Tjiptono, C. G. (2016). Service, Quality, & Saticfication . Yogyakarta: Andi.
Hulasoh, E., & Fadillah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Member Celebrity Fitness Cabang Lotte Mall, Bintaro, Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 2(2), 171-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i2.23168
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kloter, P. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Santoso, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127 - 146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Cetakan ke-1.
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).