Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33322Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi shopee (studi kasus Toko Online Bobby Bakery). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Toko Online Bobby Bakery di aplikasi shopee. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data populasi pada penelitian ini sebanyak 2.159. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 96 orang dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan mengacu pada skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh thitung 17,614 > ttabel 1,661 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan secara parsial. Harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh thitung 12,037 > ttabel 1,661 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh kepada kepuasan pelanggan secara parsial. Kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis simultan diperoleh Fhitung 158,116 > Ftabel 3,09 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara simultan.References
Afandi Pandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator), Nusa Media, Yogyakarta.
Faroh, Wahyu Nurul, & Nurul Zahri. "Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Mafati Inovasi Technology Pondok Cabe–Tangerang Selatan."
Hartanto, Prasetiyo, & Khuzaini Khuzaini. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm) 11.3.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Edisi 4. Bandung: Alfabeta.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lonardi, Sanny, Et Al. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-Commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (Jbe) 2.3: 80-85.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda). Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 333-342.
Mediti, Oktavianus Chrisna Murti Sabda Puta. "Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee." Jurnal Ilmu Manajemen.
Sari, Sindi Kurnia, & Sonja Andarini. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tokopedia Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Tokopedia Di Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4(6): 1411-1422.
Sugiyono. (2021), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Cv, Bandung.
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304-313.
Sunarsi, Denok. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 21.1: 7-13.
Suparyanto Dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media
Supomo & Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yrama Widya. Bandung.
Tjiptono. F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahyu Fathur Rohman, Wahyu. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keunggulan Bersaing Maskapai Penerbangan (Studi Pada Maskapai Penerbangan Citilink). Diss. Sttkd Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).