Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery)

Authors

  • Julia Amelia Putri Universitas Pamulang
  • Wahyu Nurul Faroh

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33322

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi shopee (studi kasus Toko Online Bobby Bakery). Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Toko Online Bobby Bakery di aplikasi shopee. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data populasi pada penelitian ini sebanyak 2.159. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 96 orang dan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan mengacu pada skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh thitung 17,614 > ttabel 1,661 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan secara parsial. Harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh thitung 12,037 > ttabel 1,661 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh kepada kepuasan pelanggan secara parsial. Kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai uji hipotesis simultan diperoleh Fhitung 158,116 > Ftabel 3,09 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan secara simultan.

References

Afandi Pandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator), Nusa Media, Yogyakarta.

Faroh, Wahyu Nurul, & Nurul Zahri. "Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Mafati Inovasi Technology Pondok Cabe–Tangerang Selatan."

Hartanto, Prasetiyo, & Khuzaini Khuzaini. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm) 11.3.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Edisi 4. Bandung: Alfabeta.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Lonardi, Sanny, Et Al. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-Commerce Shopee Di Politeknik Cendana. Journal of Business and Economics Research (Jbe) 2.3: 80-85.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda). Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 333-342.

Mediti, Oktavianus Chrisna Murti Sabda Puta. "Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee." Jurnal Ilmu Manajemen.

Sari, Sindi Kurnia, & Sonja Andarini. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tokopedia Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Tokopedia Di Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4(6): 1411-1422.

Sugiyono. (2021), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Cv, Bandung.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 304-313.

Sunarsi, Denok. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 21.1: 7-13.

Suparyanto Dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Supomo & Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yrama Widya. Bandung.

Tjiptono. F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahyu Fathur Rohman, Wahyu. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keunggulan Bersaing Maskapai Penerbangan (Studi Pada Maskapai Penerbangan Citilink). Diss. Sttkd Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Putri, J. A., & Faroh, W. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 637–650. https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33322