Pengaruh Start Up Digital (Speak Live) Dan Metode Long Distance Learning Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.33701Keywords:
Start Up Digital, Speak Live, Metode Long Distance Learning, Kemampuan Berbahasa InggrisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memahami dan menguraikan pembentukan start up digital (Speak Live) dan mengetahui pengaruh dari start up digital (Speak Live) dan metode long distance learning terhadap kemampuan berbahasa inggris. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix methods) dengan model urutan penemuan analisis kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif melibatkan mahasiswa dan tutor bahasa asing sebagai subjek penelitian, dengan menggunakan kuesioner tertutup dan wawancara. Metode kuantitatif melibatkan pengguna Speak Live di Medan, dengan menggunakan kuesioner tertutup sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengguna platform Speak Live mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris. Temuan ini menegaskan bahwa pemanfaatan start-up digital Speak Live dan metode long distance learning secara efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada kelompok eksperimen. penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan start-up digital Speak Live dan pendekatan long distance learning memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Temuan ini dapat memberikan kontribusi berharga dalam upaya pengembangan kompetensi bahasa dalam konteks manajemen sumber daya manusia, serta mengilhami langkah-langkah lebih lanjut dalam inovasi pendidikan berbasis teknologi.
References
Anggoro, Sofian. (2019). Skripsi Lengkap Fix Sofian. In Pengaruh Disiplin Kerja, Pengalaman Kerja Dan Gaji Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Indo Gula Pastika Di Sragen.
Anonim. (2017, Juli 13). Berkenalan dengan jQuery dan Ajax. Retrieved from YukCoding Tuto: https://yukcoding.id/mengenal-jquery-dan-ajax/
Anonim. (2019, September 19). Pengertian XAMPP Lengkap dengan Fungsi dan Cara Instalasi. Retrieved from Qwords: https://qwords.com/blog/pengertian-xampp/
Anonim. (2021). The world’s largest ranking of countries and regions by English skills. Retrieved from https://www.ef.com/wwen/epi/ diakses pada 29 Desember 2021 pukul 20.48
Anonim. (2021, Mei 5). Februari 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,26 persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021--tingkat- pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html diakses pada 29 Desember 2021 pukul 20.37
Anonim. (n.d.). AI 4 STARTUP. Retrieved from https://orbitfutureacademy.id/ai-4- startup/ diakses pada 5 Januari 2022 pukul 10.25
Blake, Robert. 2016. “Distance Education for Second and Foreign Language Learningâ€. Language and Technology, Encyclopedia of Language and Education. 1-12.
Chun, Doroty, Ricard Kern, dan Bryan Smith. 2016. “Technology in Language Use, Language Teaching, and Language Learningâ€. The Modern Language Journal. 100 (Supplement 2016): 64-80.
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173.
Fitriana, L. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Metro Angkatan 2015 Sebagai Nasabah Bank Konvensional. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Ihsan. (2021, November 1). Prospek, Strategi, Analisa Usaha Bimbingan Belajar (Bimbel). Retrieved from Angkasa: https://angkasa.co.id/usaha-bimbingan- belajar/
Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziyati, S. (2017). Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta. Jurnal Universitas Muria Kudus, 4(1), 167–173.
Junaidi. (2010). R Tabel Product Moment. Art &Photos, 4. https://www.slideshare.net/hendrayudha9028/19-tabelnilaikritisrpearson
Kurniawan, B. (2021, Juli 23). 9 Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk. Retrieved from Komerce: https://komerce.id/blog/contoh-segmentasi- pasar/
Lida, U. M., & Eliya, I. (2019). Peran Startup Digital “Ruangguru†Sebagai Metode Long distance learning dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Edulingua, 6(2), 5–16.
Miswati, E. L. I. (2016). Program studi : Ekonomi Islam Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H / 2016 M ELI MISWATI Program studi : Ekonomi Syariah Pembimbing I : Drs
Priyono. (2557). Pengantar Manajemen. Jurnal Akademik Universitas Asia Timur, 4(1), 88–100.
Rahayu, M. I. (2021, September 30). Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, Manfaat, Contoh, dll. Retrieved from tokotalk: https://www.tokotalk.com/blog/segmentasi-pasar/
Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2013). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. https://doi.org/10.4324/9781315833835
Syachril Ramdani, Cantika Melodia, Hilmi Adilla Zahratul, Oktariza Moch Syahdan, Rivaldi Rivan, Salsabila Nisa, R. R. T. (2023). Pengantar Manajemen Bisnis. Penerbit Media Sains Indonesia.
Zulkarnain, W., & Andini, S. (2020). Inkubator Bisnis Modern Berbasis I-Learning Untuk Menciptakan Kreativitas Startup di Indonesia. Adimas : ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 77–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).