Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Yanto’k Salon Cabang Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.33753Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Yanto’k salon cabang pamulang. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di Yanto’k Salon cabang Pamulang dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang responden. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji T parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Yanto’k Salon cabang Pamulang dimana diperoleh nilai thitung 6.158 > ttabel 1,661 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Uji statistik variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Yanto’k salon cabang Pamulang dimana diperoleh nilai thitung 5.482 > ttabel 1,661 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung 34.823 > Ftabel 3,09. Hal ini juga diperkuat dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0.420 artinya Harga dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama memiliki kontribusi sebesar 42% terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.References
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Edison, Anwar dan Komariyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta Bandung
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200-218.
Firmansyah, M. Anang dan Budi W. Mahardika. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta. Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)
Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar manajemen, Yogyakarta: Deepublish.
Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). In Marketing Management (p. 27). Pearson Pretice Hall
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Kurniawan, L., & Ratnanto, S. (2022, September). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome Di Pt. Telkom Indonesia Kediri. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (Vol. 7, No. 1, pp. 163-170).
Kusuma, T. M., & Hermawan, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Online Food Delivery Service. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 18(2), 176-180.
Limakrisna, Hamdan dan Togi Parulian Purba. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media
Manap, Abdul, (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta. Penerbit Erlangga, Jakarta
Masitah, I., Paminto, A., & Yudaruddin, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Serta Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian di Salon Rumah Cantik Nadia Muslimah Samarinda. Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM), 1(4), 230-236.
Mulyati, E., & Fauzia, S. Z. A. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Freight Forwarder di PT XYZ Global Forwarding Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Logistik Bisnis, 10(1), 37-41.
Murtini, A., Zamhari, & Oktalina, G. (2019). Analisa Bauran Pemasaran (7p) untuk menentukan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Home Industry CV Melati Kota Pangkalpinang). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Jipmb), 6(4), 2354–5682.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-122.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Online Gojek Di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 45.
Putri, I. M., & Ratnawati, D. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce “Shopee†(Studi Kasus: Pelanggan Shopee di Surabaya). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(7), 2561-2569.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh harga, kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce tokopedia. Mbia, 20(1), 40-50.
Rusydi, M. 2017. Customer Excellence. Gosyen Publishing Dessler. Jakarta
Sastroatmodjo, S. (2021). Manajemen Pemasaran (Marketing). Media Sains Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bnadung: PT.Alfabeta.
Sunyoto, Danang (2019), Dasar Dasar Manajemen Pemasaran, Konsep, Strategi dan Kasus, Jakarta: Center of Academics Publishing service
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).