Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.33830Keywords:
Harga, Promosi Penjualan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Online Shop Clotiva sebanyak 15.617 orang. Sampel yang digunakan sejumlah 99 responden diperoleh dari rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji relibilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan bantuan software Statistical Package for Social Science (SPSS) for window Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 5,716 > t tabel 1,984 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 7,330 > t tabel 1,984 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan Harga dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 31.170 > Ftabel 3,09 dengan tingkat siginifikan 0,000 < 0,05. Dengan analisis regresi linier berganda Y=29,270+0,208X1+0,471X2, dan memberikan koefisien determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 39,4%, sedangkan sisanya 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain.References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2018). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Nusa Media. Yogyakarta.
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Fayol, H. (2016). General and industrial management. Ravenio Books.
Firmansyah., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. I, Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gultom, N. C., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Ingat Kopi Kota Sorong. Productivity, 3(5), 384-389.
Hamili, A. Y., & Anggriani, N. L. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tata Pusaka Sentosa Textile Mills Bandung. YUME: Journal of Management, 3(1).
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, edisi pertama. Penerbit: Mitra Wacana Media, Jakarta.
Marlius, D. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh.
Nugraha, A. C., & Nugraha, H. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Di Nasmoco Kaligawe Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 60-65.
Pompayo, A., Worang, F. G., & Kawet, R. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie Goreng Pada PT. Idomarco Adi Prima Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).
Prasetio, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(2).
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer.
Putranto, A. T., & Qiyanto, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E Pulsa (Studi Kasus di Indomaret Sudirman Tangerang). Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
Rohana, N. C., Syafitri, C. D., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Masyarakat di Karawang). Jurnal Pemasaran Kompetitif Universitas Pamulang, 5(3).
Said, A. K. (2017). Manajemen Teori Aplikasi. Alfabeta : Bandung.
Santi, E. (2014). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1).
Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sarinah., & Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3).
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Sudjana,N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus. Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Susilowati, I. H., & Utari, S. C. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1).
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi : Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2020). Pemasaran. Penerbit: Andi Yogyakarta.
Tjiptono,F (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).