Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT MOB Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.34441Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT MOB Tangerang secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 96 responden. Hasil penelitian pengaruh kualitas produk (X1) terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung 10.867 > ttabel 1,985 dan atau nilai Sig 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti X1 terpengaruhi namun tidak signifikan terhadap Y. Pengaruh kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai thitung 21,392 > ttabel 1,985 dan atau nilai Sig 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti X2 berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Y. Sedangkan hasil uji simultan menyatakan bahwa X1 dan X2 berpengaruh namun tidak signifikan karena Fhitung 245,035 dari Ftabel 3,09, namun hasil signifikannya 0,001<0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) konsumen PT MOB Tangerang, dengan persamaan regresi Y 2.105 + 0.142X1 + 0.801X2 . Hasil analisis regresi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.840 yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y). Kontribusi pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah sebesar 84% sedangkan sisanya 16% dipengaruhi oleh faktor lain.References
Abadi F., dan Herwin. 2019. Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian beras organic di Jakarta. Universitas Islamic attahriyah. Jurnal riset manajemen dan bisnis (JRMB) 4 (1) 1-8.
Abdullah Sani, Ridwan. 2016. Penilaian autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara Alma,
Agung Pratama, Realize. 2020 Pengaruh kualitas produk, Brand image dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa universitas batam. Jurnal ilmiah simantek, 4 (1), 2550-0414.
Ariani, W. 2016. Manajemen Kualitas, jurnal manageme
Arikunto, S. 2017 Pengembangan program. Yogyakarta, Pustaka Pelajar Barata, Adya. 2014 Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gava Media
Assauri, sodyan. 2011, Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali pers. 460 Hal Atmaja, J. 2018. Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah
Buchari. 2016. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, (ed. 12) Alfabeta Publisher Bandung
Daryanto & Setyobudi, I. 2014. Konsumen dan pelayan prima. Yogyakarta. Gava media
Davin Joshua, Metta Padmalia, 2016. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen, Universitas ciputra Surabaya. Jurnal entrepreneur dan entrepreneurship, 5 (1), 1-44, 2580-9393
Debito Andri Kristanto, Hery Pudjoprastyono. 2022 Pengaruh kualitas produk, merek & promosi terhadap keputusan pembelian dan mobil Toyota sieta auto 2000 cabang HR Surabaya. Universitas veteran jawa timur, Jurnal widya manajemen, 4 (1), 47-54.
Diah Ernawati, 2019. Pengaruh kualitas produk, Inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi jack sandals Bandung, Universitas ABFI institute perbanas. Jurnal wawasan manajemen. 7 (1), 17-32.
Djaslim Saladin. 2013. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktik, teori, aplikasi, dan tanya jawab. Linda Karya. Bandung
Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian “Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook “Perawatan Wajahâ€. Jurnal Kreatif, 4(2), 3-24
Kotler dan Amstrong, 2012. Dasar-Dasar pemasaran, Alih Bahasa: Alexander Sindoro, Jakarta, Prehallindo
Kotler, Pjilip dan Gary Amstrong. 2013. Principle of marketing, edisi 15. Pearson prentice hall. New jersey
M. Maulana Dzikril Hakim, 2016. Pengaruh kualitas layanan harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian, Sekolah tinggi ilmu ekonomi Indonesia (STIESIA). Jurnal ilmu dan riset manajemen, 5 (11), 2461-0593.
Malau, 2017. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi pemasaran era modernisasi Global, (cet. 1 ed.) Alfabeta, Bandung
Malayu S.P. Hasibuan. 2015. Manajemen : Dasar, pengertian dan masalah. Bumi Aksara. Jakarta
Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2015. Manajemen pelayanan public. (cet. 1 ed.) Bandung : CV Pustaka Setia
ND Kurniasari, 2013. Analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian “studi kasus pada konsumen waroeng steak & shake†cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang. Universitas diponegoro. Diponegoro journal of management, 2 (2) 1, 2337-3792.
Ni Made Dwi Sanjiwani, I Gst. A. Kt. Gd. Suasana, 2019. Peran brand image dalam memediasi Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, Universitas udayana. E-Jurnal manajemen, 8 (11), 2302-8912.
Oktavenia & Ardani, 2019. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Universitas udayana. E-jurnal manajemen, 8 (3), 2302-8912.
R. Wulandari, 2019. Pengaruh lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di pusat perbelanjaan. Universitas maarif hasyim latis. E jurnal- Umaha, 2 (1), 2662-6367.
Rizan, M, Nauli, M.O & Saparuddin, 2017. The influence of brand image, price, product quality and perceive risk on purchase decision transformer product Pt schinder Indonesia. Jurnal riset manajemen sains Indonesia (JRMSI), 8 (1), 101-119, 2301-8313.
Sangadji & Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen, (ed. 1) Andi, Yogyakarta
Sedjati, R.S 2018. Manajemen pemasaran.( cet. 4 ed. 1) Yogyakarta : Deepublish
Sudaryono, 2016. Manajemen pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi
Sugiyono, 2018. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. (cet. 19 ed.) Bandung: Alfabeta
Suharni Rahayu, 2017. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada majalah media asuransi, Universitas pamulang. Jurnal pemasaran kompetitif, 1 (1), 2598-0823.
Sumawarman, U. 2003. Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia Jakarta
Suwarman, U, 2014. Perilaku konsumen teori penerapannya dalam pemasaran edisi kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ti Manoy, 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV AKE MAUMBI. Universitas Samratulangi Manado. Jurnal EMBA riset ekonomi, bisnis dan manajemen, 9 (4), 314- 323, 2303-1174.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran jasa – prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi Offset, Yogyakarta
Vina Handayan, Yayu Sri, 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu luxio Bandung. Journal ARS university, 3 (2), 64-75, 2685-6972.
Yuliarti, E, Musafa, M,. & Rahmansyah, M. E. 2016. Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan mahasiswa memiliki program studi akuntansi, s-l STIE pasundan Bandung. Konferensi nasional ilmu sosisal dan teknologi, 1 (1), 978-602-61242-0-3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).