Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di Wilayah Kota Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.34839Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Tempat/lokasi, Keputusan Orang TuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat/lokasi (X4) terhadap Keputusan Orang Tua (Y) terhadap pemilihan sekolah Menengah atas bagi putra putri tercintanya yang berada diwilayah Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian dalam penelelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian ini adalah asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Hasilnya Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 5,224 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 5,301 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 3,743 > ttabel 1,98447dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Tempat/Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 4,928 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat/lokasi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai f hitung sebesar 15,608 > ftabel 3,09 dan nilai sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05)References
Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Kumara, D., & Oktaviana, S. (2023). Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 569-582. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.33310
Maddinsyah, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pampers Merek Certainty. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 374-387. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.31438
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69-80. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926
Salami, M., & Marsita, A. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman pada PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) Cabang Fatmawati Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 245-259. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.29804
Santoso, Singgih, Tjiptono, Fandy, 2005. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Santoso, Singgih. 2002. Spss Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 2006. Satuan Biaya Pendidikan. Bandung: Rosdakarya Sumaryanto,
Susanti, N., & Rohima, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco di Marketplace Shopee Official Store. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 333-342. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.30826
Fauziah, S., & Budiyanto, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Home Industry Cabiciks Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 494-509. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.32989
Totok. 2008. Kajian Penyelenggaraan Akreditasi Sekolah pada Pendidikan Dasar. Semarang Tjiptono,
Umi Kalsum, Eka. 2008. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medanâ€.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).