Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di Wilayah Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Kemas Vivi Andayani Universitas Pamulang
  • Herry Suherman Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.34839

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Tempat/lokasi, Keputusan Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat/lokasi (X4) terhadap Keputusan Orang Tua (Y) terhadap pemilihan sekolah Menengah atas bagi putra putri tercintanya yang berada diwilayah Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian dalam penelelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian ini adalah asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda. Hasilnya Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 5,224 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 5,301 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 3,743 > ttabel 1,98447dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasilnya Tempat/Lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai thitung sebesar 4,928 > ttabel 1,98447 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat/lokasi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Orang Tua dalam memilih sekolah dengan nilai f hitung sebesar 15,608 > ftabel 3,09 dan nilai sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05)

References

Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kumara, D., & Oktaviana, S. (2023). Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 569-582. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.33310

Maddinsyah, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pampers Merek Certainty. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 374-387. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.31438

Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69-80. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926

Salami, M., & Marsita, A. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Proses Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman pada PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) Cabang Fatmawati Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 245-259. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.29804

Santoso, Singgih, Tjiptono, Fandy, 2005. Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Santoso, Singgih. 2002. Spss Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Supriadi, Dedi. 2006. Satuan Biaya Pendidikan. Bandung: Rosdakarya Sumaryanto,

Susanti, N., & Rohima, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco di Marketplace Shopee Official Store. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 333-342. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i2.30826

Fauziah, S., & Budiyanto, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Home Industry Cabiciks Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 494-509. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.32989

Totok. 2008. Kajian Penyelenggaraan Akreditasi Sekolah pada Pendidikan Dasar. Semarang Tjiptono,

Umi Kalsum, Eka. 2008. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medanâ€.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Andayani, K. V., & Suherman, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di Wilayah Kota Tangerang Selatan). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 793–809. https://doi.org/10.32493/jism.v3i4.34839