Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Lipstik Implora (Studi kasus pada Mahasiswi Reguler C Manajemen dan Bisnis di Universitas Pamulang)

Authors

  • Anis Mardiana Universitas Pamulang
  • Wahyu Nurul Faroh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36471

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk lipstik implora. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Reguler C Manajemen dan Bisnis Di Universitas Pamulang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 90 orang. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas produk memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh thitung 3,570 > T tabel1,984 atau nilai Sig 0,001 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh kepada keputusan pembelian secara parsial. Harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai uji hipotesis parsial diperoleh Thitung 3,699 > Ttabel 1,984 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh kepada keputusan pembelian secara parsial. Kualitas Produk dan harga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji hipotesis simultan diperoleh Fhitung 60.755 > Ftabel 3,99 atau nilai Sig 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara simultan.

References

Agus Dwi Cahya, R. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol 5 No 1.

Alma.B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arianto, N. and Setiawan, A. (2020) ‘Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PAT PT BPr H. A. Bogor’, Jurnal Ilmiah Feasible Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 2(1), pp. 27–37.

Asrizal Efendy, N. L. (2019). Analisi pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Ekonomi Nasional Kewirausahaan, Vol. 1 No. 1.

Diana,A. Fandi, T. (2020). Pemasaran. Yogyakarta. Andi

Firmansyah, Anang. (2019), Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy), Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Friani Gloria Igir, J. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 6 No 2.

Lisa Amelisa, S. Y. (2016). analisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian gula tebu (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 7 No 3.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Dayang Saing, Vol. 7 No. 2.

Nabila Iwan Sahara, F. A. (2020). engaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi.

Nurmin Arianto, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 3 No 2.

Rega Ababil, F. M. (2019). Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Progress Conference, Vol

Risa Amelis, S. Y. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu ( Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Kabupaten Solok ). Jurnal Managemen Bisnis.

Rohman, Abd. (2017). Dasar – Dasar Manajemen. Malang: Kalimetro Intelegensia

Rosita. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing). Jurnal Managemen Bisnis, Vol. 1 No. 3

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Wahyu Nurul Faroh, ‘Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian’, Journal Ilmiah Prodi Manajemen, Vol. 4 .2017. Hlm. 3–24

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Mardiana, A., & Faroh, W. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Lipstik Implora (Studi kasus pada Mahasiswi Reguler C Manajemen dan Bisnis di Universitas Pamulang). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 38–48. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36471