Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan bengkel mobil pada PT. Satria Jaya Motor di Kota Tangerang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36500

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mobil pada PT Satria Jaya Motor di Kota Tangerang, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif bersifat pendekatan asosiatif. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah konsumen jasa Bengkel Mobil PT Satria Jaya Motor Kota Tangerang yang terhitung pada tahun 2022 dengan rumus slovin bertaraf 10%, didapatkan hasil 82 konsumen sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen data, asumsi klasik, regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 77,3%. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 79,4%. Adapun hasil secara simultannya menunjukkan bahwa Harga dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 82%.

Author Biography

Erick Haryana, Pamulang University

Hallo i'm here as a student at Pamulang University, and I also work as a freelancer

References

A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

A. Irwana (2017). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Di Makassar.

Ali, Hasan. (2015). Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.

Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).

Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ferrinadewi, Erna. (2012). Pengaruh Threat Emotuion Konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene di Surabaya, Jurnal Manajemen.

Herat, R. A., Rembang, M. R., & Kalangi, J. Peran Bidang Promosi Dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai. Acta Diurna, 4(4), 89559.

Hidayati, A., Sifatu, W. O., Maddinsyah, A., Sunar, D., & Jasmani. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).

Hulasoh, E., & Riki, R. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Manset Safety di Toko Tawakal Pondok Aren–Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 1-6.

Bastian, I., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 754-767. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.33830

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Panjaitan, Roymon. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Penerbit Sukarno Pressindo.

Rangkuti, F. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukirno, Zakaria dan Poerwanto. (2014). Kominikasi Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for AcademicPublishing Service).

Widjojo, Handyanto dkk. (2017). Sari-Sari Pemasaran dan Aplikasinya di Dunia Pemasaran. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Downloads

Published

2024-03-02

How to Cite

Haryana, E., & Hulasoh, E. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan bengkel mobil pada PT. Satria Jaya Motor di Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36500