Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan bengkel mobil pada PT. Satria Jaya Motor di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36500Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mobil pada PT Satria Jaya Motor di Kota Tangerang, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif bersifat pendekatan asosiatif. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah konsumen jasa Bengkel Mobil PT Satria Jaya Motor Kota Tangerang yang terhitung pada tahun 2022 dengan rumus slovin bertaraf 10%, didapatkan hasil 82 konsumen sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen data, asumsi klasik, regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 77,3%. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 79,4%. Adapun hasil secara simultannya menunjukkan bahwa Harga dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 82%.References
A Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
A. Irwana (2017). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Pt. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Di Makassar.
Ali, Hasan. (2015). Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Fandi, Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ferrinadewi, Erna. (2012). Pengaruh Threat Emotuion Konsumen dan Brand Trust pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene di Surabaya, Jurnal Manajemen.
Herat, R. A., Rembang, M. R., & Kalangi, J. Peran Bidang Promosi Dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai. Acta Diurna, 4(4), 89559.
Hidayati, A., Sifatu, W. O., Maddinsyah, A., Sunar, D., & Jasmani. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).
Hulasoh, E., & Riki, R. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Manset Safety di Toko Tawakal Pondok Aren–Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 1-6.
Bastian, I., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 754-767. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.33830
Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Panjaitan, Roymon. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Penerbit Sukarno Pressindo.
Rangkuti, F. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukirno, Zakaria dan Poerwanto. (2014). Kominikasi Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for AcademicPublishing Service).
Widjojo, Handyanto dkk. (2017). Sari-Sari Pemasaran dan Aplikasinya di Dunia Pemasaran. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erick Haryana, Ela Hulasoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).