Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan

Authors

  • Ahmad Hidayat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Fadillah Fadillah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.36950

Keywords:

Promosi, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling yaitu menggunakan sampel sebanyak 69 responden dari seluruh populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier, analisis koefisien korelasi, analisis koefisisen determinasi, uji hipotesis.  Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesisi diperoleh nilai thitung 0.843 > ttabel 1.667 dan diperkuat oleh nilai  ρ value < Sig.0,05 atau nilai signifikansi < 0,05 (0,402 > 0,05). Hasil penelitian  promosi dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan ditunjukkan oleh persamaan regresi regresi linear berganda Y = 34.201 + 0.089X1 + 0.024X2. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung (0.365 < Ftabel 3.13 dan diperkuat oleh nilai signifikansi < 0,05 (0,696 > 0,05). Hasil uji koefisien determinasi variabel promosi dan  harga memberikan pengaruh sebesar 0,11% terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terbukti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi (X1) dan harga  (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y).

References

Made Virma Perman, Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Vol 4, No 2 (2018) ISSN 2086-0668

Rafael Billy Leksono, Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Kepuasan pelanggan Herwin Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.2, No.3, Oktober 2017: 381 - 390 P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165

Nicklouse Christian Lempoy,Silvya L. Mandey, Sjendry S.R. Loindong Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder ISSN 2303-1174 Jurnal EMBA 1072 Vol.3 No.1 Maret 2019, Hal. 1072-1083

Febriano Clinton Polla,Lisbeth Mananeke, Rita N taroreh Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas produk Terhadap Kepuasan pelanggan ISSN 2303-1174 Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3068 – 3077

Muhammad Taufik Ranchman Ali, Khuzaini Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan pelanggan Rumah Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 9, September 2017e-ISSN : 2461-0593

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2019. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Intan Sari Budiharjo, Hadijah Febriana Pengaruh Promosi E-Payment Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup (2020), Jurnal Eduka Vol.5 No.2. Universitas Pamulang

Hana Ofela Pengaruh Kualitas Harga dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan kebab Kingabi Lumimuut (Taman Eman) Sonder Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : vol: 5, No. 1 Januari 2016 ISSN: 2461-0593

Surya Sumardi, Catarina Cori Pradnya Paramita,S AB, M Si Pengaruh Harga, Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Upnormal Wilayah Jakarta Utara. Jurnal Online Nasional Vol.2 No.2 ,Desember 2018 ISSN: 2501-6682

Muhammad Athoillah Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PDAM Mojokerto.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim ,2020 ISSN: 2356-3885.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Hidayat, A., & Fadillah, F. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(3), 579–586. https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.36950