Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.36950Keywords:
Promosi, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling yaitu menggunakan sampel sebanyak 69 responden dari seluruh populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier, analisis koefisien korelasi, analisis koefisisen determinasi, uji hipotesis. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesisi diperoleh nilai thitung 0.843 > ttabel 1.667 dan diperkuat oleh nilai ρ value < Sig.0,05 atau nilai signifikansi < 0,05 (0,402 > 0,05). Hasil penelitian promosi dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan ditunjukkan oleh persamaan regresi regresi linear berganda Y = 34.201 + 0.089X1 + 0.024X2. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai Fhitung (0.365 < Ftabel 3.13 dan diperkuat oleh nilai signifikansi < 0,05 (0,696 > 0,05). Hasil uji koefisien determinasi variabel promosi dan harga memberikan pengaruh sebesar 0,11% terhadap kepuasan pelanggan pada CV Haimatt Project di Tangerang Selatan. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terbukti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
References
Made Virma Perman, Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Vol 4, No 2 (2018) ISSN 2086-0668
Rafael Billy Leksono, Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Kepuasan pelanggan Herwin Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.2, No.3, Oktober 2017: 381 - 390 P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165
Nicklouse Christian Lempoy,Silvya L. Mandey, Sjendry S.R. Loindong Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder ISSN 2303-1174 Jurnal EMBA 1072 Vol.3 No.1 Maret 2019, Hal. 1072-1083
Febriano Clinton Polla,Lisbeth Mananeke, Rita N taroreh Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas produk Terhadap Kepuasan pelanggan ISSN 2303-1174 Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 3068 – 3077
Muhammad Taufik Ranchman Ali, Khuzaini Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan pelanggan Rumah Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 9, September 2017e-ISSN : 2461-0593
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2017. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2019. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Intan Sari Budiharjo, Hadijah Febriana Pengaruh Promosi E-Payment Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup (2020), Jurnal Eduka Vol.5 No.2. Universitas Pamulang
Hana Ofela Pengaruh Kualitas Harga dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan kebab Kingabi Lumimuut (Taman Eman) Sonder Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : vol: 5, No. 1 Januari 2016 ISSN: 2461-0593
Surya Sumardi, Catarina Cori Pradnya Paramita,S AB, M Si Pengaruh Harga, Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Upnormal Wilayah Jakarta Utara. Jurnal Online Nasional Vol.2 No.2 ,Desember 2018 ISSN: 2501-6682
Muhammad Athoillah Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PDAM Mojokerto.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim ,2020 ISSN: 2356-3885.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Hidayat, Fadillah Fadillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).