Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Batavia Prosperindo Trans di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38017Keywords:
Promosi, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Batavia Prosperindo Trans. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 4703 konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yakni dengan menggunakan seluruh populasi yang berjumlah 98 konsumen sebagai sampel. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu purposive sampling. Hasil Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Selanjutnya Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Promosi dan Harga berpengaruh signifikan Keputusan Pembelian dengan nilai ð‘“â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” sebesar 123,496 > 3,09 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05).References
Amirullah. (2018). Pengantar Manajemen Jakarta. Jakarta: Mitra Wacana Media. Buchari Alma., 2019 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Disusilo, P., & Sudarno, S. (2018). Pengaruh Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Laporan Tahunan Terhadap Earning Response Coefficients (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Djaslim Saladin, (2019). Intisari Pemasaran. Penerbit Linda Karya, Bandung. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
G.R. Terry dalam R. Supomo dan Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Hasibuan, H. M. (2019). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriyanto. A.Y.B. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Golden Bird dan Europcar. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, XIII(1): 74-91.
Irawan, M.R.N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2): 140-156.
Irawan, R., Nawangsih., & Bahtiar, S.R. (2019). Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, 2(1):121-129.
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2019: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Koto, D.K.F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.
Lubis, D.I.D. & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1): 15-24.
Nur, A. & Arnu, A.P. (2021). Pengaruh promosi dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Forum Ekonomi, 23(3): 383-390.
Oktapia, R., & Afriyadi, R. (2021, December). Analisis Strategi Pemasaran Katering Pada Kedai Reumbay Di Cibadak Kabupaten Sukabumi. In SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan) (Vol. 3,pp. 64-72).
Oktavania, W.P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. EXPOSE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1): 27-48.
Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Radjapati, T.Y., Tumbuan, W.J.F.A., & Soepeno. D. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Tobelo. Jurnal EMBA, 6(4): 2428-2437
Rahmat, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat. Medan (ID): Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Riyanto, S., & Hatmawan, A.A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Samsiah. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Makan D’Keprek. Malang (ID): Universitas Muhammadiyah Malang.
Siregar, A.S.R. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Showroom Honda Arista Cabang Padang si dimpuan. Medan (ID): Insitut Agama Islam Negeri (IAIN).
Sireger, S. (2018). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Situmorang, T.H. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Batuk OBH PT. Distriversa Buanamas Medan. Medan (ID): Universitas Medan Area.
Sofyan. 2018. Implementasi Pendidikan Karaker (Surabaya: Jakad Publishing ; 2018) Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: Prenadamedia.
Srihartati, D. (2021). Pengaruh Promosi dan Kebijakan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Toserba dan Swalayan Enggal Dua Pacitan). Surabaya (ID): Insitut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sujarweni, V. Wiratna. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Taha, N. S. (2017). Pengaruh inovasi produk dan sales promotion terhadap keputusan pembelian di the centrum restaurant (survey terhadap konsumen the centrum restaurant) (Doctoral dissertation, Fakultas ekonomi dan bisnis unpas bandung).
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2017). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Wicaksono, P. (2021). Analisis Pengaruh Atlet Endorser, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Sepatu Futsal Specs (Studi Kasus PadaWarga Kec. Cakung Jakarta Timur) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rifqy Al Hafizh, Alvin Praditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).