Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Food Court Bayu Dimsum Vila Dago
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.38046Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Food Court Bayu Dimsum Vila Dago. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Food Court Bayu Dimsum Vila Dago yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan Rao Purba dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan t hitung > t tabel atau (8,725 > 1,984). Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan diperoleh t hitung > t tabel atau (-4,813 > -1,984). Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung > F tabel atau (56,718 > 2,700).
References
Antonius, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademi Di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) Vol. 6 No.1, 94-99.
Ariyanto, A., & Widianto, W. (Desember 2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Sablon Southern State Di Pondok Pinang. International Journal of Business and Information Technology Vol.2 No.2 ISSN : 2774-6070, 210-219.
Aryanto, S. D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Belajar Siswa Dan Tingkat Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Scaffolding Vol. 1 No. 1, 61-68.
Badriah, S. U., Hidayat, G., & Munggaran, R. (2022). The Influence Of Prices On The Interest Of Buying Consumers Of Yamaha Motorcycles In PT. Ramarayo Sumedang Branch. Journal Of Bussines Management Basic. Vol. 4 No. 1, 36-39.
Dewi, O. I., & Sutanto, E. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Agora, Vol. 6, No. 2, 1-6.
Dinar, S. L., & Yosepha, S. Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada Usaha Bisnis Kuliner Cafe. Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis, Vol. 1 , No. 1, 52-59.
Dzikra, F. M. (2020). Pemgaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis : Riau Economic And Business Review, Vol. 11 No. 3, 262-267.
Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa SMK Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot . RABIT : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab Vol. 3 No. 1, 1-9.
Fure, H. (2019). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA Vol. 1, No. 3, 273-283.
Halawa, M. M., Situmeang, R. R., & Manalu, M. R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. JURNAL MANAJEMEN Vol. 13 No. 3, 339-347.
Ibrahim, D. M., Sukomo, & Aziz, B. (2020). Pengaruh Penerapan Manajemen Konfik Terhadap Disiplin Kerja Karyawan (Suatu Studi Kasus pada Toko Gunasalma Kawali). Business Management And Enterpreneurship Journal Vol. 2 No. 3, 116-129.
Kencana, P. N., & Wahidah, N. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelangan Pada Toko Busana Muslim Preview Cabang ITC Depok. Jurnal Ilman : Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 12 Issue. 1, 37-43.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kurniawan , D., Adriansyah, M., & Gultom, I. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Barberhop Mr. Head Slipi II Jakarta. Humanis (Humanities, Management, and Science Proceedings) Vol. 1 No. 2, 313-324.
Majid, A., V, A. F., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., & Santika, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Study Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Journal Of Economics. Management, And Business Research (JEMBER) Vol. 2, No.1 , 214-226.
Manullang, N. R., & Heryenzus. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Extra Qilo Laundry Kiloan di Kota Batam. Jurnal eCo-Buss Vol. 5 No. 3, 806-817.
Maulida, A. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Penguna Shopee). Journal Enterpreneurship, Management, And Industry (JEMI) Vol. 4 No. 4, 151-160.
Mutholib. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Ira Widya Utama Unit Usaha Driving Range SBCC. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 17, No. 2, 52-65.
Ngaisah, S., Yadi, F., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Cakram Warna Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 08 No. 02, 1112-1122.
Nurhayati, I., & Nainggolan, B. M. (2023). Pengaruh Suasana Dan Presepsi Harga Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Di Pomelo Cafe & Resto Kuningan. EduTurisma Vol. 7 No. 2, 1-14.
Panaha, F., & Kojo, C. (2021). Analisis Strategi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Istana Berkat Gemilang. Jurnal Emba Vol. 9 No.4, 884-893.
Putri, S. D., & Arifiansyah , R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Auto Service Cempaka Baru. Stein Erepository Vol.15 No. 1, 30-37.
Ratnasari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Salon Cantik). KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang Vol. 4 No. 1, 3-26.
Realino, D., Gula, V. E., & Jelita, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen ISSN : 2988-5418. LOKAWATI : Jurnal Penelitian Manajeman Dan Inovasi Riset Vol. 1 No. 4, 68-81.
Rismawati. (Agustus 2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bamboo Family Massage and Reflexiology Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (ALMANA) Vol.1 No.2, 1-13.
Robot, J. M. (2019). Analisis Pengaruh Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, Publicity dan Word OF mouth Terhadap Keputusan Pembelian PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Selatan. Jurnal Riset Bisnis Dan Mnajemen Vol. 3 No. 3, 254-267.
Sudana, I. K., Anggraeni, N. P., & Indrawan, I. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kober Mie Setan (Study Kasus Mie Kober Setan Peguyangan). Widyadari Vol. 22 No. 2, 555-561.
Sukarsa, A., & Mas'adi, M. (2024). Penngaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sava Kopi Pamulang. JURAMA (Jurnal Operasional Manajemen) Vol. 1 No. 1, 1-11.
Sunardi, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Jabatan Fungsional Perekayasa Terhadap Kinerja Pegawai Balai Besar Aerodinamika, Aeroelastika Dan Aeroakustika BPPT, Setu, Tangerang Selatan. JURNAL MADANI : Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Humaniora, Vol. 3 No. 1, 151-163.
Talur, K. M. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV Flobamora Logistic Di Surabaya. JURMA: Jurnal RIset Manajemen Vol. 1 No. 3, 203-223.
Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. JURNAL KEWARGANEGARAAN Vol. 6 No. 2, 3910-3921.
Triznawati, A., & Khairunnisa. (2018). Strategi Marketing Mix Guna Meningkatkan Penjualan Pada Mini Market Z-Market Banjarbaru. KINDAI Vol. 14 No. 3, 210-217.
Worldailmi, E., Wulandari, S., & Prawibowo, S. T. (2022). Penentuan Prioritas Strategi Pemasaran UMKM Naik Kelas. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI) Vol. XVI No. 2, 181-195.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Alamanda, Purwanti Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).