Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Agen Ikan UD. Langgeng Pondok Aren
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.38061Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan Pembelian Pada agen ikan UD Langgeng Pondok Aren. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan t hitung > t tabel atau (11,181 > 1,98397). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung > ttabel (12,694 > 3,058). Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai Fhitung > Ftabel atau (123,353 > 3,09).
References
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.
Aulia, V., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Banyualit Spa’N Resort Lovina. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i1.29577
Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online di Shopee. co. id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(3).
Firdaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: Dotplus Publisher, 2021.
G. Chandra (2011:180) mendefinisikan kualitas pelayanan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui pemenuh,” E-Journal WIDYA Ekonomika, vol. 1, no. 1, pp. 64–74, 2015.
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.
Prabowo, A. (2023, Oktober 05). KKP Catat Angka Konsumsi Ikan Capai 58,48 Kilogram. Retrieved Desember 26, 2023, from rri.com.id: https://rri.co.id/index.php/nasional/387470/kkp-catat-angka-konsumsi-ikan-capai-58-48-kilogram
Riyadi, R. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Beauty Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 17(1), 128-134.
Rosmayati, I., Hanifah, H. S., & Budiman, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota Java Coffee Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(3), 185-191
Sipayung, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.
Solihin, D., & Suwatama, E. E. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Pedes Mampus. AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 1-9.
Sundari, W. S., Riono, S. B., & Harini, D. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 180-187.
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta
Zulkarnaim, T., & Triyonowati, T. (2015). Pengaruh produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahman Angga Wahyudi, Dewi Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).