Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Agen Ikan UD. Langgeng Pondok Aren

Authors

  • Rahman Angga Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dewi Ningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.38061

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi, dan  kualitas pelayanan secara simultan  terhadap keputusan Pembelian Pada agen ikan UD Langgeng Pondok Aren. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan t hitung > t tabel atau (11,181 > 1,98397). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan thitung > ttabel (12,694 > 3,058). Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai Fhitung > Ftabel atau (123,353 > 3,09).

References

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.

Aulia, V., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Banyualit Spa’N Resort Lovina. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i1.29577

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online di Shopee. co. id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(3).

Firdaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: Dotplus Publisher, 2021.

G. Chandra (2011:180) mendefinisikan kualitas pelayanan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas pelayanan dapat diwujudkan melalui pemenuh,” E-Journal WIDYA Ekonomika, vol. 1, no. 1, pp. 64–74, 2015.

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.

Prabowo, A. (2023, Oktober 05). KKP Catat Angka Konsumsi Ikan Capai 58,48 Kilogram. Retrieved Desember 26, 2023, from rri.com.id: https://rri.co.id/index.php/nasional/387470/kkp-catat-angka-konsumsi-ikan-capai-58-48-kilogram

Riyadi, R. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow Beauty Samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 17(1), 128-134.

Rosmayati, I., Hanifah, H. S., & Budiman, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota Java Coffee Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(3), 185-191

Sipayung, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.

Solihin, D., & Suwatama, E. E. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Mie Pedes Mampus. AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 1-9.

Sundari, W. S., Riono, S. B., & Harini, D. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 180-187.

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta

Zulkarnaim, T., & Triyonowati, T. (2015). Pengaruh produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(2).

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Wahyudi, R. A., & Ningsih, D. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Agen Ikan UD. Langgeng Pondok Aren. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(3), 688–698. https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.38061