Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Nissa Make Up di Ciledug
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38064Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Nissa Make Up di Ciledug. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode kusioner/angket, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Nissa Make Up di ciledug yaitu sebanyak 73 konsumen, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Nissa Make Up di Ciledug. Kemudian Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan konsumen pada Nissa Make Up di Ciledug. Harga dan Kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen pada Nissa Make Up.
References
Akbar, Indra. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Industri Perhotelan di Banda Aceh.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (JEMSI) 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.32672/jemsi.v5i1.860.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Cinthiya, M., Dwiyanti, S., Kustanti, N., & Luthfiati, D. (2020). Pengaruh KualitasPelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Klien Pada JasaMakeup Pengantin di Desa Pekarungan Sidoarjo. Jurnal Tata Rias, 9(4), 20-25.dan Pengendalian, Edisi ke 2, Jakarta: Erlangga.
Daryanto, (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejatra.
Dwijantoro, R., Dwi,B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee.
Enre, A., Hutagalung, D., Simbolon, H. A., & Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(1).
Fandy Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.
Farida Yulianti, L. P. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Fauzi, R. D., & Pitriyani, P. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Sicepat Ekspres Jagakarsa di Jakarta Selatan. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, 1(2), 132-135.
G.R Terry, & Rue, Leslie W. Rue,(2016) Dasar-dasar Manajemen, Jakarta, Bumi Aksara.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hasibuan, (2017). Manajemen. Jakarta, Haji Masagung.
Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Kurnia Aneka Gemilang Tanjung Morawa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1281-1288.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Unitomo Press.
Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kirom. B. (2016). Mengukur Kinerja Pelayanan & Kepuasan Konsumen, Bandung: PustakaRekaCipta.
Kothler,Philip, Amstrong. (2017). Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler dan Amstrong, G (2016). Principles Of Marketing. 14th Edition Pearson International Edition. Prentice Hall. New Jersey
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Ed.London: Pearson Education.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. Edisi 15 Global Edition Pearson.
Kotler,p. (2012 Manajemen Pemasaran Jasa : Analisis, Perencanaan, implementasi
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lamaya Fauziyah, dkk.(2019). Manajemen Dan Eksekutif. Jurnal Manajemen, vol. 3, No. 2,
Marknesis, dkk.(2015). Customer Satisfaction and Beyond, Yogyakarta, Marknesi. Ngatno. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: E.F Press Digimedia
Marwanto, A. (2015). Marketing Sukses. Bandung: KOBIS. Swastha D. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1477/5/052052
Putra, D. G. (2015).Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Blitar)(Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Ramanda, R.(2019). Studi keputakaan mengenai landasan teori body image bagi perkembangan remaja. Jurnal edukasi, jurnal bimbingan konseling, vol. 5, no. 2.
Rozi, I. A., & Khuzaini, K. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(5).
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.
Setiani, dkk.(2022). Analisis kostum dan makeup dalam film. Jurnal anthology of film and television studies, vol. 2, Issue 2.
Setyo, Purnomo Edwin. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1.6 (2017): 755-764.
Sudaryana, Yayan. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (PERSERO) Kota Tangerang.” Journal of Management Review 4, no. 1 (2 Januari 2020): 447-455. https://doi.org/10.25157/mr.v4i1.2954.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20-32.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan penerapan (A. Diana.CV. Andi Offset.
Triongko, B., Widodo, U., & Widowati, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Aki Incoe PT Meka Adipratam di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 1(2), 214-226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 andrian apriansyah Andrian Apriansyah, Aldila Rahma Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).