Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di MR.DIY Cabang Cinere Mall Depok
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38092Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di MR.DIY Cabang Cinere Mall Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Sedangkan teknik penguumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 27. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinan sebesar 53,0%, dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (10,301 > 1,986) atau signifikasi 0,000 < 0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 68,3% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (14,237 > 1,986) atau signifikasi 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=1,008 + 0,316 X1 + 0,426 X2. Nilai koefisien determinasinya sebesar 72,0%, sedangakan sisanya sebesar 28,0%, dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (119,774 > 3,094).
References
Abdul Latief, (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol.7, No.1.
Abdul, Salam. (2018). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Ghalia.
Adi Sulistyo Nugroho. (2016). E-commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: EKUILIBRIA.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep dan Indikator. Yogyakarta: Nusa Media.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Anoraga, Panji. (2016). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arianto,Nurmin & Kasmad. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lottemart. Jurnal KARIR: Jurnal Ilmiah Manajemen, Universitas Pamulang, Vol.2, No.1.
Aryandi,J & Onsardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), Vol. 1, No. 1, Juli 2020.
Cetakan ke-1. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Coulter, R. (2016). Manajemen. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Cynthia, D, dkk. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik Universitas Bina Taruna Gorontalo Volume IX Nomor 1, 2022
Eka P,Senia & Ratu Firdaus,Tiffany. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Di Pt. Zataka Expressindo Utama. Jurnal Matua, Vol. 2, No. 4 , Desember 2020.
Ekasari, Ratna & Aprilia Putri, Triliana. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMAHA, Vol. 3, No. 2, Tahun 2021.
Febriansyah, Ardhi, et al. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Swadaya Pamulang 2 Di Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia.Volume 2, Nomor 3, Juli 2022.
Galy Njoman Ari Pribowo, Muhamad & Tri Milinia,Atika. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Fresh Kapuas Kota Bengkulu. Jurnal Cakrawala Ilmiah Vol.1, No.9, Mei 2022.
Ghozali,I . (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
Gozali dan Nasehudin. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit CV Pustaka Setia.
Hasibuan, M.( 2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT bumi aksara.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasmir .(2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Prinsip-prinsip Pemasaran (12 Jilid 2).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London:Pearson Education.
Kotler,P., & Keller, K.L. (2016). Principle of Marketing. 15th edition, Pearson Education.Inc.
Kotler,P., & Keller, K.L. (2017). Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta:PT Indeks.
Latifah, Suci & Suhardi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Pos Belakang Padang Batam. Ekuivalensi: Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 6 No. 1 April 2020
Lupiyoadi. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.ka Robbins, S.P., & Coulter, M.( 2016). Manajemen (jilid 1). Edisi 13.Jakarta: Erlangga.
Nur Indahsari, Laili & Roni, May. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi BE Kalirejo. Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah,Vol.1 No. 1 Februari 2022.
Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran : Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Edisi Kedua. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media (2nd ed.). Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualtitatif : untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konsruktif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandani. Bandung:ALFABETA.
Sujarweni, V Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.
Swastha,Basu dan T Hani, Handoko, (2016). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.
Syahriyah, Ainun & Arifiansyah, Rully. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Nako Depok. JURNAL MULTIDISIPLIN MADANI, Vol 2 No.8 Agustus 2022.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan dan penelitian. Yogykarta: CV.ANDI.
Tjiptono, F.( 2017). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono, F. (2017). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Wahyudi,Iqbal, dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tombo Coffe Di Kabupaten Batang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 2.
Widodo, Arif Siaha, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waroeng Steak Ciputat. Jurnal Ilmiah Semarak, Universitas Pamulang. Vol. 4, No. 3.
Wijayanti, Kiki Dwi, dkk. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apartment Bailey`s City Di Ciputat. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia, Universitas Pamulang. Vol. 1 No. 2.
Yuliana, Sinta & Maskur, Ali. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emvi Emvi, Alvin Praditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).