Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Triple Jack Coffee House Ruko Evergreen Citra Raya Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38272Keywords:
Harga; Promosi; Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Triple Jack Coffee House Ruko Evergreen Citra Raya Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Sedangkan teknik penguumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 27. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Harga dan Promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Abdullah Thamrin & Tantri Francis. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Abubakar, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Amirullah. 2018. Pengantar Manajemen Jakarta. Jakarta: Mitra Wacana Media. Buchari Alma., 2019 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Andi. Amelia, M. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung. Instutional repositoris & Scientific journals (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).
Andi. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Anoraga, 2016, Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Rineka Cipta
Aristo, Stephanus Felix . 2016. Pengaruh Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips, Jurnal Manajemen dan Start-Up BisnisVol.1,No 4
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.
Basu Swastha dan T.Hani Handoko.2015. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.Yogyakarta
Danang Sunyoto. 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Devy, S., & Sinulingga, N. A. B. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada PT. Rotella Persada Mandiri. Journal of Management Science (JMAS), 1(1, Januari), 18-23.
Djaslim Saladin, 2019. Intisari Pemasaran. Penerbit Linda Karya, Bandung. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
G.R. Terry dalam R.Supomo dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.
Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP , Semarang.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Handoko, T. Hani. 2017. Manajemen edisi 2. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Hasibuan, H. M. (2019). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.
Heriyanto. A.Y.B. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Golden Bird dan Europcar. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, XIII(1): 74-91.
Hery. 2019. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Grasindo.
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 6(002).
Irawan, M.R.N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2): 140-156.
Irawan, R., Nawangsih., & Bahtiar, S.R. (2019). Pengaruh Promosi, Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Onderdil Astra Honda Motor (AHM) pada UD. Rasa Motor di Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, 2(1):121-129.
Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kothler,Philip, Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan.Jakarta: Erlangga. p125
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2019: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga
Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Lubis, D.I.D. & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1): 15-24.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi. R. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Malhotra, N.K., 2009, Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta
Marupa Siregar, Elizabeth Haloho. (2018). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian minuman coca-cola pada mahasiswa fakultas ekonomi dan ilmu sosial universitas sari mutiara indonesia medan. Jurnal mutiara manajemen vol.2 No.1
Meilaty Finthariasari dan Sri Ekowati. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pada eleven cafe bengkulu. Jurnal Ilmiah akuntasi,manajemen dan ekonomi islam, Vol. 3 No. 1
Mirza Rosnita, Agus Widarko, B. W. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel 106 Intervening (Studi Pada Kedai Pesen Kopi Di Kota Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, Marketing Mix, Vol. 10 No. 11 , 19–30.
Muhammad Fakhru Rizky Nst, 2014. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 14, No. 2. Hal. 139.
Nabilaturrahmah .(2021). Pengaruh harga dan promosi grabfood terhadap keputusan pembelian kfc grand wisata di masa pandemi. Jurnal Manajemen, Vol. 13, No. 1
Nasehudin, Toto S. & Gozali, Nanang. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Nasution, A.E., Putri, L.P. & Lesmana, M.T. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1): 194–199.
Nasution, A.E., Putri, L.P. & Lesmana, M.T. 2019. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1): 194–199. Tjiptono (dalam Muhammad Fakhru, 2014: 139)
Nazarudin, Ahmad. Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi dan Gede Putu Agus Jana Susila. “Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen”. Jurnal Manajemen 5, no.1 (2019).
NST, Muhammad Fakhru Rizky, dan Hanifa Yasin. 2014. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnnia Sei Mincirim Medan. Jurnal manajemen dan bisnis Vol. 14, No. 2, 2 Oktober 2014, Hal 139.
Nur, A. & Arnu, A.P. (2021). Pengaruh promosi dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Forum Ekonomi, 23(3): 383-390.
Nursiti, Syafarudin. (2023). Pengaruh harga dan promosi terdampak keputusan pemebelian kopi kenangan. Jurnal industri kreatif dan kewirausahaan, Vol. 6, No. 1
Oktapia, R., & Afriyadi, R. (2021, December). Analisis Strategi Pemasaran Katering Pada Kedai Reumbay Di Cibadak Kabupaten Sukabumi. In SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan) (Vol. 3,pp. 64-72).
Oktavania, W.P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. EXPOSE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1): 27-48.
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Business & Applied Management Vol 10 No. 1, 55 - 79.
Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Purbohastuti, Arum Wahyuni, and Asmi Ayuning Hidayah. “Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser.” Jurnal Bisnis Terapan 4, no. 1 (2020): 37–46.
Radjapati, T.Y., Tumbuan, W.J.F.A., & Soepeno. D. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel di Tobelo. Jurnal EMBA, 6(4): 2428-2437
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih. Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.
Schiffman, Leon. & Kanuk, Leslie. 2015. Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni.
Sedjati, R. S. (2018). Manajeman Pemasaran. Yogyakarata: Deepublish
Sofyan. 2018. Implementasi Pendidikan Karaker (Surabaya: Jakad Publishing ; 2018) Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: Prenadamedia.
Sondakh, P. C., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api di Manado. Productivity, 4(3), 437–443.Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/48167
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sudaryono. 2017. Metode penelitian. Depok : Raja Grafindo Persada
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Kualitatif: Skripsi dan Tesis Suaka Media (2nd ed). Yogyakarta: Diandra Kreatif
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabet
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sujarweni, V. Wiratna. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Sujarweni,V. Wiratna. 2015. Statistik untuk bisnis dan ekonomi. Yogykarta: Pustaka Baru Press
Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS)
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2019) Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi : Penerbit Andi Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2017). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta:
Tjiptono, Fandy. 2019. "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.
Tjiptono. F. 2019. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).