Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Mandala Laundry Depok

Authors

  • Angga Setiawan Universitas Pamulang
  • Ahyani Ahyani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38273

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Promosi; Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada mandala laundry Depok baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Mandala Laundry Depok. Jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 91 pelanggan dan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X₁) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Promosi (X₂) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

References

Agustin, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. Jurnal ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3).

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Alvianna, dkk. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Management and Business Review, 18(2).

Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).

Arianto, N. & Kurniawan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4 (2), 254-268.

Bastian, I., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 754-767. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.33830

Dhiana, Kumara, & Wardani. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan dan Pemancingan Warung Bambu di Serpong Tangerang Selatan. Jurnal Semarak. 4(3).

Fadillah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Sarjana Manajemen Universitas Pamulang. Jurnal Semarak, 4(3).

Fauzi, A., Sarlo, K., Kenny, Hutagaol, J., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel (Studi kasus Pada Pembelian Tiket Medan-Jakarta). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(2), 378–391

Hadi. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Unit Usaha Retail Kobantitar Mart. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3).

Hamdani, N. A., & Zaman, M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pizza Express Jakarta. Jurnal Wacana Ekonomi, 16(2), 90--96

Kotler & Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Adrianto, & Gultam. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Barbershop Mr. Head Slipi II Jakarta. Jurnal HUMANIS, 1(1).

Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).

Oktarini. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kota Tangerang. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2)

Purwanti, Ariyanto, & Ivantan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid di Lembaga Pendidikan TPA Masjid Ash Shaff Bintaro. Jurnal of Education, Humaniora and Social Sciences, 4(1).

Putranto, A. T., Kumara, D., & Syahria, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(1), 57–68

Setiawan. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). Journal BIMA, 2(3).

Solihin, D., & Yunisa, F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Md Frozen Food di Pasar Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Arastirma, 3(1), 206-216. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160

Solihin, D., Maddinsyah, A., & Kusjono, G. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota Cinere Depok. Jurnal M-Progress. 4(1).

Solihin, D., & Ahyani. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis 6 (4), 431-445.

Sudigdo & Taufik. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Garuda Express Delivery (GED) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal EKOMABIS, 2(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta

Suhartati & Sugiyanto. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apotek K24 Rawabuntu. Jurnal Humanis, 2(2).

Tjiptono, F. (2017). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Angga Setiawan, & Ahyani, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Mandala Laundry Depok. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 187–198. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38273