Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kopi Tepi Sungai di Depok

Authors

  • Badrus Sholeh Universitas Pamulang
  • Ahmad Maulana Irfanudin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38274

Keywords:

Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada warung kopi tepi sungai di depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen warung kopi tepi sungai di depok sebanyak 15.245 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus slovin, dari hasil perhitungan diperoleh 99 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, serta uji t dan uji F dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) pada warung kopi tepi sungai di Depok.

References

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Bailia, Jefry F.T., Agus Supandi Soegoto, & Sjendry S.R. Loindong. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi, Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan di kota Manado. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.2 No.3 September 2014. Diakses tanggal 6 April 2016.. Hal.1768-1780.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Kotler dan Keller, (2016). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, (2017). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Marketing an Introduction Pretice Hall twelfh edition, England: Pearson Education, Inc.

Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3).

Suwardi 2017. Menuju Kepuasan Konsumen Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, Vol. II. No. 1. Semarang: Politeknik Negeri Semarang

Tjiptono (2016), pemasaran jasa-prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta: Andy offset

Tjiptono, Fandy. (2016) Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan penelitian Yogyakarta: Andy offset.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Sholeh, B., & Irfanudin, A. M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kopi Tepi Sungai di Depok. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 199–209. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.38274